Agar Tak Mudah Dipalsukan, Jepang Percantik Desain E-Paspor

Paspor Jepang
Sumber :
  • rocketnews24.com

VIVA.co.id – Belakangan, halaman dalam lembaran paspor tak hanya berupa kertas biasa. Sejumlah negara menempatkan gambar pemandangan dalam cetakan lembar kertas paspor. Seperti Amerika, negara ini memiliki cara membuat paspornya menarik. Di setiap halaman visa, terlihat bergambar pemandangan yang menjadi ikon Amerika, seperti patung Liberty, hingga kelompok koboi menggembalakan kawanan ternak.

Koper Ajaib Ini Bisa Kasih Info Seputar Lalu Lintas

Jepang pun memiliki caranya sendiri untuk mendandani ulang paspor mereka. Seperti yang baru saja diumumkan oleh Kementerian Luar Negeri setempat, dalam waktu yang tidak lama lagi, paspor warga negara Jepang akan dihiasi oleh karya seni Katsushika Hokusai, seniman lukis dan woodblock terkenal di Jepang.

Sebagai kesimpulan akhir dari proyek ini, di mana untuk mendapat desain baru yang bisa mewakili budaya Jepang, sekaligus agar sulit dipalsukan, komite yang ditunjuk oleh menteri, telah memutuskan untuk menggunakan karya pilihan dari Hokusai yang terkenal, tiga puluh enam pemandangan Gunung Fuji ukiyo-e series.

Penggunaan Paspor Hitam Hanya untuk Kegiatan Diplomatik

Dilansir Rocketnews24, paspor warga Jepang tidak sampai 36 halaman, yang berarti tidak ada ruang untuk memasukkan setiap gambar dari hasil karya Hokusai. Hingga akhirnya, komite memutuskan menggunakan 24 gambar saja, termasuk karya terkenal The Great wave off Kanagawa dan Koshu Kajikazawa.

Paspor cantik ini dijadwalkan akan dikenalkan mulai tahun 2019. Menteri Luar Negeri mengatakan waktu ini dipilih agar mereka bisa siap tepat waktu untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Kereta Cepat Whoosh Dikabarkan Mengalami Kebocoran, KCIC Buka Suara

Baca juga:

Sistem Pembayaran Paspor di Imigrasi Jakarta Selatan

Pengurusan Paspor Akan Dibuka di Kantor Wali Kota Jakarta

"Saya minta kerja sama dengan Pak Gubernur soal pelayanan paspor itu".

img_title
VIVA.co.id
3 Juni 2016