Wajib Tahu, Menu Sarapan Ideal yang Sehat dan Lezat

Ilustrasi sarapan
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Tak hanya lezat dan sehat, semua orang menginginkan menu sarapan yang cepat dibuat, praktis serta cukup mengenyangkan perut hingga jam makan siang tiba. Opsi yang tepat adalah kombinasi makanan yang terbuat dari gandum utuh, kacang-kacangan dan buah, ditambah sedikit yoghurt. Demikian menurut Dr. Walter Willet, kepala nutrisi di Harvard School of Public Health.

Dr Zaidul Akbar Ungkap Komposisi Sarapan Sehat Agar Tak Gampang Ngantuk

Ia lantas mengatakan bahwa buah-buahan yang tergolong dalam keluarga beri adalah jenis buah yang ideal disantap saat sarapan. Itu karena buah beri mengandung serat dan polifenol, serta mampu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular, serta beberapa bentuk kanker, bahkan termasuk kanker payudara.

Sedangkan gandum utuh telah lama dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik dan mampu menurunkan risiko diabetes juga obesitas. Namun, bicara konsumsi gandum utuh bukan berarti Anda bebas membeli jenis roti apapun yang terbuat dari tepung gandum utuh di toko atau pasar swalayan.

Sarapan Ampuh Jaga Gula Darah, Tapi Hindari Menu Ini

"Banyak seral dan roti dari gandum utuh yang diolah dengan berat. Itu bukanlah makanan yang Anda butuhkan," ujar Dr. David Ludwig, kolega Willet di Harvard dan penulis buku berjudul Always Hungry, dikutip dari Time.

Ia mengatakan, jika Anda gemar menyantap roti di pagi hari, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli roti dari tepung gandum utuh.

5 Kesalahan Sarapan yang Bikin Tubuh Lemas Seharian

"Anda harus membeli roti yang terlihat sedikit bulir-bulir gandumnya, serta roti dengan konsistensi yang padat dan legit," ujar Ludwig.

Bersama roti dan buah beri, lemak sehat atau protein juga akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama hingga waktu makan siang, tanpa perlu mengonsumsi camilan. Untuk itu, ia merekomendasikan yoghurt untuk dikonsumsi saat sarapan.

"Yoghurt menjadi alternatif produk olahan susu yang mengandung lemak tinggi. Yoghurt akan membantu mengontrol berat badan dan menurunkan risiko diabetes," ujar Ludwig.

Selain yoghurt, kacang-kacangan dan biji-bijian juga merupakan pilihan yang ideal. Begitu pula dengan daging ikan, seperti salmon asap, misalnya.

Mengkreasikan menu sarapan memang wajib dilakukan agar Anda dan keluarga tidak bosan. Dalam hal ini, Anda bisa memilih telur.

"Telur sangat lezat, dan asam amino yang terkandung di dalamnya baik bagi reseptor opioid usus yang mampu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa puas makan," kata Dr. Robert Lustig, direktur program Weight Assessment for Teen and Child Health (WATCH) di University of California, San Francisco.

Telur juga merupakan sumber zat besi, folat dan berbagai nutrisi lainnya. Ia pun mengatakan agar Anda tak perlu takut pada kuning telur. "Kolesterol dalam telur akan selalu tidak relevan," ujar dia.

Untuk minuman yang baik dikonsumsi di pagi hari adalah kopi atau teh hijau. Kopi sendiri telah lama dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah dan menyehatkan usus. Tak hanya itu, kopi juga mengurangi kesempatan Anda menderita penyakit otak, seperti demensia. Begitu pula dengan teh hijau yang memiliki begitu banyak manfaat kesehatan.

Yang pasti, jangan lupa menghindari penggunaan gula dan bahan tak sehat lainnya, seperti gula atau krim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya