Ini Bahaya Tak Hapus Make-up Sebelum Tidur

Tren make up di tahun 2018 nanti akan lebih dinamis.
Sumber :
  • REUTERS/Carlo Allegri

VIVA.co.id – Kebanyakan wanita malas untuk menghapus make-up atau riasannya setelah lelah bekerja. Padahal, ahli kulit mengatakan, tidak membersihkan make-up setelah seharian bekerja saat tidur akan menyebabkan banyak masalah, mulai jerawat hingga masalah infeksi mata.  

Selena Gomez Tak Bisa Tidur dengan Make-up

Lebih buruk lagi, Anda mungkin akan mengalami penuaan dini jika hal ini menjadi kebiasaan. Itu karena Anda tidak memberikan kulit kesempatan memulihkan diri sepanjang malam.

Ahli dematologist Dr Natalie Blakely dari Light Touch Clinic Surrey mengatakan, tidur adalah waktu bagi tubuh melakukan peremajaan. Di saat ini, sel-sel akan pulih karena terjadi regenerasi kulit.

Viral Curhat Pratama Arhan ke Azizah Salsha Usai Timnas U-23 vs Australia Bikin Gemes Netizen

"Meninggalkan make-up pada malam hari membuat kulit kurang bisa melakukan peremajaan. Saat bangun, kulit akan terlihat tidak bersih, dan membosankan," kata dia, seperti dilansir dari Daily Mail.

Selain itu, tidak menghapus foundation akan membuat pori-pori tertutup, sehingga kulit menjadi rentan terhadap bintik-bintik dan komedo, keriput dan jerawat.

Tidak Fokus Berkendara, Pengendara Motor Tabrak BMW Seri 5

Dr Natalie menjelaskan bahwa membersihkan wajah di malam hari sangat penting tidak hanya untuk menyingkirkan make-up, tapi juga menghapus kotoran yang terakumulasi sepanjang hari. Jika Anda tidak membersihkannya bisa berisiko pada penuaan dini.

"Kulit yang bersih dan segar jauh lebih bisa melakukan peremajaan dibanding kulit yang kotor dan tersumbat (make-up)," ujar dia.

Saat tidur, hormon stres atau kartisol menurun serta terjadi pembentukan kolagen dan elastin, yang baik untuk kulit. Dengan kondisi kulit kotor akan menghambat beberapa hal positif itu terjadi, sehingga kulit dari waktu ke waktu tidak terhidrasi.

Dia menambahkan bahwa mencuci wajah juga dapat menunda penuaan. Melakukan pemijatan saat mencuci wajah dapat merangsang aliran darah di kulit, membawa nutrisi ke kulit serta menjaga kulit muda dan segar.

Dermatolog Harley Street, Dr David Jack mengatakan, jika Anda senang mengenakan banyak make-up sebaiknya pilih yang berbahan mineral, karena lebih ramah terhadap kulit. Namun, membersihkan make-up di malam hari tetap wajib hukumnya. Untuk membersihkan make-up di wajah, dia menyaranakn menggunakan pembersih misel, kemudian mencuci wajah secara menyeluruh.

Jika Anda tidak menghapus make-up, kulit wajah Anda akan menderita. Begitu juga jika Anda tidak menghapus shadow, maskara dan liner, maka mata Anda akan mengalami nasib serupa.

"Mata bisa merasakan pasir, karena partikel mikro dari make-up dapat masuk ke dalam mata di malam hari,' kata Dr Natalie.

Resiko lainnya, pori-pori di sekitar mata akan tersumbat, sehingga berpotensi timbul benjolan di kelopak mata. Itu disebabkan oleh infeksi oleh bakteri staphylococcus.

Sementara jika Anda lupa menghapus lisptik akan menyabbakan bibir kering dan pecah-pecah. Sebab, kulit bibir sangat halus, sehingga memerlukan peremajaan pada malam hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya