Waktu Tepat Ajarkan Anak Gosok Gigi

Ilustrasi sikat gigi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kebersihan adalah hal yang harus diajarkan kepada anak sejak dini. Membiasakan diri untuk hidup bersih bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Menjaga kebersihan harus dimulai dari diri sendiri, mulai dari hal yang paling kecil seperti menggosok gigi.

Petugas Kebersihan di Tangerang Angkut 3 Ribu Ton Sampah per Hari Selama Idul Fitri

Menggosok gigi dengan cara yang benar dan teknik yang baik, dapat mencegah berbagai masalah seperti bau mulut dan gusi bengkak. Untuk membiasakan hal tersebut, Anda bisa mengajarkan pada anak sedini mungkin bahkan saat anak masih belum memiliki gigi.

"Perawatan gigi bayi bisa dilakukan ketika anak pertama kali mengkonsumsi sesuatu, tujuannya agar anak ketika sudah mengkonsumsi sesuatu terbiasa untuk membersihkan," kata drg. Kalya Putri saat peluncuran buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun, di Rumah Ranadi, Jakarta, Kamis 26 Mei 2016.

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Lakukan Scaling Gigi

Untuk anak usia 0-11 bulan, gunakan sikat gigi berkaret lembut. Pada usia 12 bulan mulai gunakan sikat gigi berbulu lembut. Jika anak sudah memasuki usia di atas 2 tahun, ibu bisa mengganti dengan sikat gigi balita.

"Tindakan membersihkan gigi itu bisa dilakukan sedini mungkin walaupun belum dengan sikat gigi dan belum punya gigi. Bersihkan di area mulut, bibir, lidah. Bisa dengan sikat gigi yang dilekatkan di jari."

Ratusan Pendekar Diterjunkan Mulai Malam Takbiran di Purwakarta Atasi Hal Ini
Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta, Benni Irwan

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

Penjabat (Pj) Bupati Purwakarta, Benni Irwan meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) di Purwakarta konsisten memberi contoh dalam pengabdian menjalankan roda pemerintahan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024