Riau Punya Banyak Ajang Unggulan Wisata Tahun Ini

Peluncuran Calender of Event Riau 2016 oleh Menpar Arief Yahya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya bersama Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachmad, meluncurkan Calendar of Event Riau 2016. Momen tersebut merupakan cara untuk mendukung target pariwisata di Provinsi Riau.

Diadang, Kepala BRG Tegaskan Pemerintah yang Atur Korporasi

Akan ada sejumlah acara unggulan pariwisata dalam Calendar of Event Riau 2016 yang menyoroti daya tarik alam, budaya dan daya tarik wisata buatan Riau. 

Arief Yahya mengatakan, Provinsi Riau memiliki potensi pariwisata yang sangat prospektif dan diharapkan bisa menarik wisatawan domestik dan  wisatawan mancanegara (wisman).

Asap Mulai Selimuti Pekanbaru dan Dumai

"Jadi memang yang memengaruhi wisman berkunjung itu adalah event dan wisata yang disajikan itu haruslah memenuhi standar kelas dunia. Selain itu akses transportasi juga harus diperhatikan, misalnya bandara harus tingkat internasional," kata Arief Yahya saat ditemui di Kawasan Jakarta Pusat pada Jumat malam, 27 Mei 2016.

Sejalan dengan hal ini, Gubernur Riau mengatakan bahwa provinsi yang disebut "Bumi Lancang Kuning" tersebut tidak hanya identik dengan hasil minyak bumi dan hamparan kelapa sawit. Namun juga potensi wisata yang sedang digali.

Polisi Hentikan Kasus Kebakaran Hutan di Riau

"Bumi Lancang Kuncing ini juga sedang berbenah dalam mengembangkan sektor pariwisatanya yang dapat menggerakkan roda perekonomian," ujar Rachman.

Jadwal acara yang akan berlangsung di Riau seperti event Bono yang akan berlangsung pada 4 hingga 6 November 2016, Tour de Siak yang merupakan ajang balap sepeda yang berlangsung di Kabupaten Siak Sri Indrapura pada 21 hingga 25 September 2016. 

Tidak hanya itu, ada pula lomba balap perahu yakni Pacu Jalur yang berlangsung di Kabupaten Kuantan Singingi pada 24 hingga 28 Agustus 2016. Sementara acara ritual Bakar Tongkang akan berlangsung di Bagan Siapi-api, Rokan Hilir, Riau pada 20-21 Juni 2016. 

Acara Gema Muharram pun siap gelar pada 1 hingga 2 Oktober 2016. Lalu Riau Marathon yang akan melibatkan pelari marathon berkelas dunia yang akan digelar di Pekanbaru pada  11 Desember 2016 nanti.

Selain itu terdapat sejumlah destinasi dan objek wisata yang layak dikunjungi di Provinsi Riau dan objek Wisata Bahari di Pantai Rupat di Kabupaten Bengkalis pada 14 hingga 17 November 2016. 

Pada tahun 2015, sektor pariwisata Riau mendapat pengakuan. Riau mewakili Indonesia untuk meraih predikat The Best untuk penampilan seni dan budaya yang diperlombakan pada China-ASEAN Expo 12th di Nanning, China.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya