3 Buku Kuliner Indonesia Masuk Nominasi Awards Bergengsi

Buku Selamat Makan
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Ajang Gourmand Awards sudah digelar sejak tahun 1995. Ajang penghargaan ini diadakan  untuk memberikan pengakuan dan penghormatan bagi para penulis dan penerbit buku-buku mengenai kuliner dan kebudayaan dari seluruh dunia.

Rayakan Tahun Pertama, Restoran Ini Hadirkan 50 Menu Lezat khas Nusantara

Gourmand World Cookbook Awards adalah penghargaan yang digagas oleh Edouard Cointreau, seorang keturunan keluarga Cointreau dan Remy Martin yang telah memiliki perkebunan anggur di Perancis sejak tahun 1270. Selain itu Edouard juga masih terhitung sebagai keturunan dari Rabelais, seorang penulis terkenal Perancis di abad ke-16.

Buku “Selamat Makan – Let’s Cook Indonesian Food” yang diterbitkan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan disusun oleh tim Spice it Up! Indonesia yang merupakan tim Kuliner Guest of Honour Frankfurt Book Fair 2015, berpeluang kuat menjadi salah satu dari buku terbaik Gourmand World Cookbook Awards 2016 tersebut.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Perhelatan pengumuman pemenang buku terbaik ini akan dilaksanakan di kota Yantai, China akhir bulan Mei 2016. Buku Selamat Makan yang disusun oleh Spice it Up berhasil menjadi Nominator (Short List) Best Culinary Travel Book.

Selain buku ini terdapat dua buku yang masuk menjadi Short List yaitu; 30 Indonesian Traditional Culinary Icons yang ditulis oleh Bondan Winarno, di kategori Special Awards, serta buku Trailing the Taste of Gorontalo yang diterbitkan oleh Omar Niode Foundation di kategori Best Asian Cuisine Book dan Best Charity and Fund Raising Cookbook.

Bikin Laper! Bakso Urat Khas Tasikmalaya, Dimasak Pakai Arang dengan Bumbu Rempah

Noviendi Makalam, Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kementerian Pariwisata dalam rilis yang dikirimkan pada VIVA.co.id mengatakan, "Kami bangga dan senang sekaligus antusias buku Selamat Makan masuk dalam daftar nominasi Gourmand Awards yang sangat bergengsi ini. Berkompetisi bersama 12 negara lainnya di kategori Buku Kuliner Travel Terbaik."

Sementara itu, Kesty Pringgoharjono dari tim penyusun Spice it Up! Indonesia mengatakan bahwa "Tim Spice it Up! sangat gembira dengan terpilihnya buku Selamat Makan sebagai shortlist Gourmand Book Award 2016."

Kalangan media kerap kali membandingkan penghargaan Gourmand Awards ini dengan piala Oscars yang diberikan bagi pelaku industri film karena kemiripan suasana glamor, penuh publikasi televisi, serta drama kecil bagi para nominator yang berhasil memenangkan penghargaan.

Tahun ini panitia Gourmand World Cookbook Awards menerima lebih dari 20.000 masukan buku dari 209 negara yang berkompetisi di 92 kategori buku masak dan budaya kuliner serta 29 kategori Wine & Drinks.

Buku Selamat Makan tidak hanya menampilkan masakan Indonesia yang lezat dan mudah cara memasaknya, tapi juga membuat pembaca tahu tentang asal usul makanan dan bumbu yang dipakai.

Kesty menjelaskan bahwa buku ini merupakan buku sederhana yang di dalamnya juga terdapat beragam menu masakan Indonesia, dipadukan dengan destinasi wisata, selain itu hal menarik lainnya adalah bahwa pembaca dapat menemukan QR code untuk dapat menyaksikan video memasak menu yang ada.

Baca Juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya