Mengenal Keunikan Tradisi Minum Teh Ala Jepang

Upacara teh di Jepang
Sumber :
  • http://www.canlifestyle.com

VIVA.co.id – Jepang tak hanya dikenal memiliki tempat wisata yang menyimpan banyak nilai sejarah. Kebudayaan dan tradisinya, juga selalu menarik untuk dipelajari.

Mengenal Tradisi Chanoyu, Upacara Minum Teh dari Jepang

Salah satu yang unik dari tradisi di Jepang, adalah tradisi minum teh yang dijadikan kebiasaan dalam sebuah upacara khusus. Dalam upacara teh tersebut, minuman ini akan disiapkan oleh seorang ahli khusus dengan tata case tertentu. Penyajian teh tidak dapat dilakukan oleh orang yang tidak mengerti atau sembarang dan mereka haruslah yang sudah ahli.

Ada beberapa kriteria khusus agar dapat menjadi penyaji teh. Syarat khususnya, seperti mempunyai pengetahuan mendalam tentang tipe teh, kimono, kaligrafi Jepang dan berbagai pengetahuan tradisional lain.

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Terlepas dari hal itu, ternyata ada makna di balik kebiasaan dari minum teh yaitu mencerminkan kepribadian dan pengetahuan tuan rumah yang mencakup, seperti tujuan hidup dan cara berpikir.
Para tamu yang diundang secara formal untuk upacara minum teh pun harus mempelajari tata krama, kebiasaan, etika meminum teh dan menikmati makanan kecil yang dihidangkan.

Para tamu akan diberikan secangkir teh oleh ahli teh dan posisi duduk para tamu haruslah  tegap dan kaki dilipat ke belakang.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

Sebelum menempelkan cangkir ke bibir, cangkir diletakkan di telapak tangan kiri dan tangan kanan harus memutar cangkir 180 derajat dalam tiga putaran.

Jika ada yang lupa melakukan hal ini maka orang itu dianggap tidak sopan dan tuan rumah akan merasa tersinggung. Sebab, gambar pada gelas harus terlihat di depan sehingga tuan rumah mengetahui bahwa kita sangat menikmati teh tersebut.

"Jika para tamu diundang untuk minum teh bersama mereka harus memperhatikan tata cara yang benar, seperti meletakkan telapak tangan kiri dan tangan kanan sambil memegang cangkir yang memutar hingga 180 derajat," ujar Yamamoto San, Presiden Direktur PT. Zensho Indonesia saat ditemui  di acara minum teh ala tradisi Jepang di kawasan Jakarta Utara, Minggu, 29 Mei 2016.

Ia pun menambahkan ketika teh habis, bersihkan bagian ujung cangkir dengan tangan kanan. Kemudian putar cangkir berlawanan dengan arah jarum jam dan kembalikan ke tuan rumah.

Baca Juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya