Tips Memberi ASI pada Bayi Sumbing

Ilustrasi botol bayi
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bayi yang memiliki celah pada bagian bibirnya atau biasa disebut sumbing ternyata dapat makan dengan sempurna. Hanya saja mereka memerlukan alat bantu yang sedikit berbeda.

Mengenal Fistula Palatum, Luka Terbuka di Langit-langit Mulut

Banyak yang mengatakan, bayi dengan lubang di langit-langit mengalami kesulitan dalam menyusu. Pendapat tersebut sangatlah tidak tepat karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Ibu yang memiliki bayi sumbing langit-langit dapat memposisikan bayinya duduk di pelukan dan menghadap ke arah ibu. Setelah itu, sang ibu dapat mengganjalkan bantal sebagai sandaran punggung dan kepala, tempatkan puting susu ke dalam mulut di bagian langit-langit bayi yang tidak berlubang.

Anak Dengan Kelainan Sumbing Dapat Tumbuh Secara Normal

Namun bila cara ini gagal, sang ibu bisa menggantinya dengan memakai botol susu. Pemilihan botol susu pun tidak boleh asal dan harus memenuhi standarisasi.

"Pada dasarnya tidak ada perlakuan yang berbeda bagi bayi yang mengalami sumbing bibir maupun langit-langit dalam pemberian susu. Akan tetapi, bila dirasa anak kesulitan dalam menyusu, ibu dapat memberikan dot yang sedikit panjang dengan lubang susu cukup besar," ujar dr. Nungki Ratna Martina, Sp. B saat ditemui pada acara Inisiasi HaloDoc Dalam Membantu Operasi Penderita Bibir Sumbing dikawasan RS Hermina Galaxy, Bekasi, Senin, 30 Mei 2016.

Wapres Ma'ruf Apresiasi Operasi Katarak yang Digelar MIND ID di Mimika, Puluhan Warga Ikut Serta

Ia pun menambahkan bahwa Anda juga dapat memberikan air susu ibu dengan botol susu yang telah direndam dengan air panas. Bilamana ASI tidak bisa dikeluarkan dapat menggantinya dengan susu formula bayi yang tepat. Lalu, untuk mengontrol aliran air susu gunakan dot plastik yang lentur.

Hal tersebut dapat membantu sang anak untuk menelan dengan baik. Disisi lain, keyakinan orangtua, khususnya ibu pun harus kuat di mana mereka harus percaya bahwa anaknya dapat makan dan minum dengan baik.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya