Makanan Padat Pertama untuk Bayi

VIVAnews - Setelah berusia enam bulan saatnya bayi Anda diberikan makan padat. Pemilihan bahan makanan tentunya tidak boleh sembarangan, karena pencernaannya belum bekerja secara optimal.

Menurut buku "Menu Sehat dan Permainan Kreatif Untuk Meningkatkan Kecerdasan Anak" yang ditulis oleh Ayu Bulan S. Km dan dr. Zulfito Marendra, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat akan memberikan makanan padat pertama untuk bayi Anda.

Sekjen PKS: Kalau Pak Prabowo Datang Kita Akan Beri Karpet Merah Sebagai Presiden Pemenang

Pertama, gunakanlah bahan-bahan alami dan berkualitas. Akan lebih baik jika Anda menggunakan sayur dan beras organik yang tidak terkena paparan pestisida. Untuk daging dan ikan pilih juga yang berkualitas baik jangan yang berupa olahan dalam kaleng.

Kedua, dalam memilih sayur pilihlah yang segar dan berwarna, seperti wortel, tomat, dan bayam. Lalu, dalam memilih buah pilihlah yang berwarna, segar dan matang seperti pepaya, jeruk bayi dan melon.

Ketiga, pilih bahan makanan yang bervariasi dan lengkap zat gizinya, terutama yang mengandung asam lemak esensial (asam linoleat/omega 6) dan asama linolenat (omega 3), karena berperan penting dalam pertumbuhan otak.

Masa emas tumbuh kembang otak bayi adalah usia 0-18 bulan. Bahan makanan yang mendukung pertumbuhan tersebut didapat dari protein hewani seperti ikan laut, telur, daging merah, dan produk susu.

Keempat, hindari pemakaian garam, gula, atau madu yang berlebihan. Berikan irisan seledri dan daun bawang prey sebagai penambah aroma untuk bubur saring atau makanan tim.

Kelima, pastikan bahan makanan dan alat yang digunakan untuk mengolah dalam keadaan bersih. Jangan sampai si kecil terkontaminasi bakteri atau virus karena kebersihan kurang diperhatikan.

Hattrick! Pendeta Gilbert Dilaporkan Lagi soal Penistaan Agama ke Polda Metro
Edukasi Media Center Haji 1445 H/2024

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Mulai persiapan penyelenggaraan ibadah haji, tata cara, hingga kesehatan serta keselamatan selama di Tanah Suci dapat disebarkan secara luas dan cepat melalui media.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024