SkyArk, Cara Baru Musisi Indie Hindari Penipuan

Barry Saint Loco di SkyArk Music
Sumber :
  • Dok.ist

VIVA.co.id –  Musisi yang berada di jalur Indie mulai mengeluhkan sulitnya menemukan pasar atau wadah yang cocok untuk mempertemukannya dengan para pengguna jasa mereka. Sebelumnya, mereka sangat kesulitan mendapatkan honor yang pantas dan kemungkinan terjadi penipuan selalu menghantui mereka.

Situs Patungan Online Dongkrak Karya Musisi Indie Tanah Air

Seperti yang diutarakan Barry, vokalis 'Saint Loco' yang mengaku kejadian tak mengenakkan para musisi Indie kerap terjadi usai mereka manggung.

"Menurut saya masalahnya pada royalti, honor dan publishing. Kita para musisi seperti ragu jika akan memulai kesepakatan dengan pengguna jasa," ucap Barry, Selasa 31 Mei 2016.

Nuansa Lebih Segar Hadir dalam Musik Baru Solois Indie Ini

Saat muncul sebuah wadah baru bagi para musisi Indie, yakni SkyArk, Barry langsung menyambut bahagia. Menurut Barry, Skyark bisa menyelamatkan karier musisi Indie yang bisa terus eksis dan berkarya.

"Sebagai wadahnya para musisi Indie, selama itu bisa menyelamatkan kehidupan industri musik Indonesia dan musisinya. Sehingga bisa terus berkarya untuk mencari sesuatu yang lebih baik lagi," ucap Barry.

Little Sunny Girl, Karya Terbaru Musisi Folk Oscar Lolang

Di Skyark, lanjut Barry, musisi Indie bisa menghindari ulah para oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Selama ini juga kita sebagai musisi mau tampil di suatu tempat misalnya secara harga kita sering dimainkan oleh oknum, dan tidak adanya transparansi soal harga dari karya yamg kita jual. Itu sebenarnya merugikan kita juga," ucap Barry.

Sementara itu, pendiri SkyArk, Astrio Feligent, mengatakan musisi Indie dan pengguna jasa mereka bisa bertemu di www.skyarkmusic.com untuk melakukan perbincangan soal harga dan pembayaran.

"Untuk keamanan dan kenyamanan, uang booking dari pengguna akan tersimpan di satu platform sampai mereka perform. Setelah perform, maka otomatis uang pembayaran masuk ke musisi. Sebaliknya kalau musisi tidak tampil maka uang sepenuhnya akan dikembalikan," jelas Astrio.

Barry pun menilai langkah Skyark tersebut bisa didukung oleh pemerintah. Hal itu pastinya akan menjamin masa depan para musisi Indonesia.

"Kami dari Saint Loco mendukung banget. Kami kekurangan banget wadah musik. Ini bisa membantu pelaku industri. Mudah-mudahan hal-hal yang bagus dan orisinal ini didukung sama pemerintah," ucap Barry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya