Studi: Facebook Bikin Stres dan Kurang Bahagia

Ilustrasi laptop.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Media sosial mampu membuat hidup terasa tak adil. Setiap hari Anda disuguhkan dengan foto dan posting-an keluarga dan teman tentang hal-hal terbaik dalam hidup mereka. Lalu, apa efeknya hal itu pada kesehatan mental? Apakah media sosial bisa meningkatkan depresi seseorang?

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Para peneliti di Happiness Research Institute di Copenhagen pun melakukan studi untuk mengetahui hal itu. Mereka meneliti sebanyak 1.095 pengguna media sosial Facebook dan membaginya menjadi dua kelompok.

Kelompok pertama diperbolehkan menggunakan media sosial seperti biasa sehari-hari, sementara kelompok lainnya dipaksa untuk sama sekali tidak membuka akun media sosial mereka selama durasi eksperimen yang telah ditentukan.

Facebook dan Instagram Down! Pengguna Ngeluh di X dan Jadi Trending Topic

Setelah tujuh hari, 88 persen orang yang tidak diperbolehkan membuka Facebook mengaku merasa bahagia. Mereka juga merasa tidak mudah marah, tidak merasa kesepian, tidak depresi, lebih antusias dan menikmati hidup. Tidak bermain Facebook juga ternyata mampu menurunkan tingkat stres hingga 55 persen.

"39 Orang yang bermain Facebook cenderung merasa kurang bahagia dibandingkan teman-temannya," demikian tertulis dalam laporan studi, dikutip dari Huh Magazine.

Instagram dan Facebook Down di Seluruh Dunia, Apa Kata Meta?

Studi tersebut mengungkap, dengan memiliki kebiasaan bermain Facebook, orang menjadi tidak fokus pada apa yang mereka butuhkan, melainkan pada apa yang dimiliki orang lain.

"Lima dari 10 orang iri dengan pengalaman luar biasa orang lain yang ditunjukkan di Facebook. Satu dari tiga orang iri dengan kebahagiaan yang diperlihatkan orang lain di Facebook dan empat dari 10 orang iri dengan kesuksesan orang lain yang terlihat di Facebook," demikian menurut studi.

Polres Depok tangkap pelaku kriminal

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Komplotan pelaku kejahatan berhasil diamankan jajaran Polres Metro Depok. Ada 24 orang yang diamankan dari berbagai kasus seperti pencurian rumah kosong hingga curanmor.

img_title
VIVA.co.id
24 Maret 2024