Mendongeng, Cara Jitu Rangsang Anak Gemar Membaca

Ibu Membacakan Dongeng ke Anak
Sumber :
  • corbis.com

VIVA.co.id – Membacakan cerita atau dongeng sebelum anak tidur, ternyata mampu menstimulasi anak untuk gemar dan bahkan menumbuhkan hobi membaca. Anak yang seringkali diperkenalkan dengan buku bacaan, juga diprediksi bakal lebih cepat untuk bisa lancar membaca.

Tips Memberi Pemahaman Soal Keuangan kepada Anak

"Mendongeng cerita apa saja, membuat anak suka mendengarkan dan akhirnya mengikuti orangtua untuk membaca," ujar Konsultan Budaya Literasi, Satria Dharma di Kemendikbud, pada Selasa 31 Mei 2016.

Adapun Satria menyebutkan keterlibatan orangtua yang aktif diperlukan agar anak semakin gemar membaca. Selain itu, ia melarang orangtua untuk mengkritik cara anak membaca.

Moms, Ini Cara agar Tak Mudah Stres dan Bisa Bonding dengan Anak

"Dengarkan dan puji anak saat membaca agar dia jadi percaya dengan kemampuan membacanya," ujarnya.

Ditambahkannya, anak yang di rumah sudah dipaparkan banyak buku akan lebih mudah untuk membaca sendiri. Hal ini berdampak pada kelancaran anak untuk mulai sekolah dengan percaya diri.

7 Perilaku Gaslighting Orangtua pada Anak, Banyak yang Gak Sadar

"Satu buku bacakan tiap malam untuk anak, membuat anak lebih mudah memahami cara membaca," ujarnya.

Jadi tidak ada istilah terlalu dini dalam hal mendongeng. Bahkan saat si kecil masih dalam kandungan pun, aktivitas ini sudah bisa Anda lakukan. Ketika si kecil sudah lahir, lebih baik untuk melanjutkan kebiasaan baik ini.

Memang benar, saat baru lahir si Kecil belum bisa memahami kata-kata Anda, namun mendengar suara Anda bisa menjadi langkah awal untuk merangsang kemampuan mendengarnya dan mengenal suara-suara. Mendongeng pun juga memiliki manfaat untuk memperkaya kosakata anak hingga  menstimulasi daya imajinasi dan berpikir agar si Kecil tumbuh menjadi anak yang kreatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya