Mengapa Orang Sering Mengantuk di Siang Hari?

Ilustrasi mengantuk
Sumber :

VIVA.co.id – Pukul 14.00 seringkali menjadi waktu yang membosankan, di mana rasa kantuk biasa melanda. Semakin sore, tubuh pun merasa semakin lelah dan stamina semakin menurun.

Ketahui Saat Tepat Konsumsi Multivitamin

Sebenarnya apa yang terjadi pada tubuh, hingga di jam-jam tersebut rasa lelah begitu menggelayuti tubuh? Ternyata, itu semua ulah kita sendiri. Alasannya adalah sejumlah kebiasaan buruk, mulai dari pola makan tidak teratur, konsumsi makanan cepat saji, dan kurang konsumsi buah juga sayur.

"Tubuh memerlukan beragam vitamin dan mineral agar dapat bekerja dengan baik. Keduanya berperan penting bagi proses pertumbuhan dan metabolisme tubuh," kata Dr. Samuel Oetoro, Ms, Sp.GK(K), dokter spesialis gizi klinik, dalam media workshop dan peluncuran Centrum Multivitamin, di bilangan Senopati, Jakarta Selatan, Selasa, 31 Mei 2016.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Ia juga menambahkan bahwa sangat penting mempertahankan pola makan seimbang dan sehat, agar bisa mendapatkan asupan vitamin serta mineral yang optimal, apalagi bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Konsumsi vitamin dan mineral juga sangat penting untuk menangkal radikal bebas, polusi udara, serta menjaga kesehatan tubuh.

Samuel menambahkan, para pekerja atau karyawan kantoran biasanya sudah mulai merasa loyo di siang hari dan merasa sangat kelelahan pada pukul 18.00. Untuk mengatasinya, tubuh harus senantiasa sehat dan bugar.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

"Caranya cukup ikuti lima hal ini, makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktivitas sehat (olahraga), dan lingkungan sehat,” kata dia.

Ia juga tidak mempermasalahkan waktu tidur di malam hari, asalkan setiap hari Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup.

"Tidur malam tidak masalah, asalkan waktu tidurnya minimal harus enam jam. Itu yang benar. Jadi misal mau bangun jam 5 pagi, ya tidurnya jam 11 malam," ujar Samuel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya