Awas, Ketahui Bahaya Konsumsi Vitamin C Berlebih

Ilustrasi suplemen vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sejuta manfaat yang diberikan vitamin C pada kesehatan tubuh terkadang justru membuat beberapa orang terobsesi untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak secara rutin.

Kabar Duka, Adik Melly Goeslaw Meninggal Dunia

Selama ini vitamin C dikenal mampu menangkal radikal bebas, menurunkan risiko penyakit jantung, menyembuhkan flu, menurunkan kadar kolesterol, tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan masih banyak lagi

Namun, jika vitamin ini dikonsumsi terlalu banyak, ternyata tidak akan memberikan manfaat seperti yang sering diduga orang. Yang terjadi justru sebaliknya. Vitamin C akan membahayakan kesehatan Anda. Itu disampaikan oleh Dr. Samuel Oetoro,MS,Sp.GK(K), dokter spesialis gizi klinik.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto Sebut Hasil Pemilu 2024 Diumumkan Besok

Ia mengatakan bahwa konsumsi vitamin C berlebihan dalam dosis tinggi justru bisa menurunkan daya tahan tubuh.

"Vitamin C oral, kalau dikonsumsi terlalu banyak akan menyebabkan batu ginjal," ujarnya, saat ditemui usai mengisi acara media workshop dan peluncuran Centrum Multivitamin, di Restoran The Hook, Senopati, Jakarta Selatan, Selasa, 31 Mei 2016.

Diskon Sepeda Motor Honda Mencapai Rp5 Jutaan

Ia juga tak menyangkal bahwa konsumsi vitamin C dosis tinggi akan meningkatkan daya tahan atau sistem kekebalan tubuh. Namun, ada hal yang patut Anda catat.

“Tapi begitu (vitamin C) disetop, daya tahan tubuh akan langsung drop, jadinya nanti malah ketergantungan,” kata dia.

Sedangkan konsumsi effervescent yang mengandung vitamin C, masih menurut Samuel, justru bisa membuat orang berisiko menderita osteoporosis. "Dalam bentuk effervescent itu justru berbahaya, ada karbonat yang justru membuat kalsium dari dalam tulang keluar, sehingga rentan osteoporosis,” ujar Samuel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya