Jokowi Siap Hadiri Sail Selat Karimata 2016

Tim Penyelam TNI AL di Selat Karimata
Sumber :
  • kabar pagi-tvOne

VIVA.co.id –  Pemerintah secara resmi merilis ajang Sail Selat Karimata 2016, Rabu 1 Juni 2016. Ajang tahunan itu akan dibuka Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya, Rizal Ramli. Rangkaian acara ini akan dimulai dari bulan Agustus hingga Oktober 2016 mendatang.

Menteri Susi Minta Perbaikan Ekosistem Selat Karimata

Rizal mengatakan, setidaknya ada empat kegiatan utama yang akan menjadi bagian dari Sail Selat Karimata 2016. Acara akan dibuka dengan seminar nasional tentang kemaritiman di Provinsi Jambi pada 25 Agustus 2016 dan acara puncaknya yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober di Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat yang dijadwalkan akan dihadiri oleh Presiden Jokowi.

"Acara puncak rencananya akan diisi dengan berbagai hiburan seperti international yatch competition, Asian duren competition, Asian textile competition dan Kayong boxing competition," ujar Rizal di Auditorium BPPT, Jakarta, Rabu 1 Juni 2016.

Menko Maritim: Sail Selat Karimata Harus Dongkrak Ekonomi

Acara yang tak kalah seru yakni festival Belitong pada 22 Oktober 2016 dan festival bahari Kepri pada 28 Oktober 2016. Dalam festival bahari di Kepulauan Riau ini, pemerintah juga mengundang yacher dan cruiser dari luar negeri untuk meninkmati keindahan destinasi wisata di provinsi tersebut.

Tidak hanya kegiatan utama yang digelar pemerintah pusat, Rizal juga meminta agar gubernur Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Bangka Belitung dan Jambi, sebagai tuan rumah, untuk memanfaatkan even Sail Karimata untuk menciptakan even pendukung. Rizal juga menginginkan sistem kompetisi dalam ajang tersebut.

Dulu Lawan Sekarang Kawan, Momen Shin Tae-yong Bawa Korsel Bantai Timnas Indonesia U-23

"Kalau hanya seremoni biasa maka selesai acaranya, pemberitaan juga boring," kata dia.

Peresmian acara ini turut dihadiri Menteri Pariwisata Arief Yahya, KSAL Laksamana Ade Supandi, serta Gubernur Jambi, Gubernur Kalimantan Barat, Gubernur Kepulauan Riau dan Gubernur Bangka Belitung, serta beberapa perwakilan negara sahabat.

Berlibur di kapal pesiar.

Puluhan Kapal Pesiar Mulai Berdatangan ke Selat Karimata

Persiapan Sail Selat Karimata 2016 terus dilakukan.

img_title
VIVA.co.id
22 September 2016