Tiga Cara Mudah Bersihkan Perhiasan Perak Kesayangan

Ilustrasi perhiasan perak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Agar tahan lama dan tetap terlihat cantik, perhiasan harus dibersihkan secara rutin. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membersihkan perhiasan. Itu karena cara membersihkannya harus disesuaikan dengan bahan perhiasan tersebut.

Tips Bersihkan Perhiasan Emas dan Perak dengan Pasta Gigi

Nah, artikel kali ini akan membahasa beberapa cara mudah membersihkan perhiasan yang terbuat dari perak, seperti dilansir dari Times of India.

Cara pertama adalah dengan memanfaatkan soda kue dan garam. Anda perlu menyiapkan wadah kaca dan lapisi dengan kertas aluminium tipis. Kemudian tuangkan air panas ke dalam wadah.

Cara Marsha Timothy Merawat Perhiasan

Langkah selanjutnya ialah memasukkan satu atau sendok makan garam dan soda kue. Aduk hingga rata dan rendam perhiasan perak kesayangan Anda di dalamnya, dan diamkan selama lima menit. Setelah itu, Anda bisa langsung membilasnya dengan air bersih dan mengeringkannya dengan menggunakan kain tipis yang kering.

Metode yang kedua adalah menggunakan minyak zaitun dan air perasan jeruk lemon. Caranya dengan mencampurkan setengah cangkir air perasan jeruk lemon dengan satu sendok makan minyak zaitun di dalam mangkuk.

Tips Merawat Perhiasan Emas Agar Tetap Berkilau

Celupkan kain bersih ke dalamnya dan peras hingga tidak ada terlalu banyak air yang menyerap. Gunakan kain tadi untuk membersihkan seluruh permukaan perhiasan perak Anda.

Cara terakhir adalah dengan menggunakan cuka putih dan soda kue. Langkah pertama adalah merendam perhiasan perak ke dalam wadah berisi setengah cangkir cuka putih dan dua sendok makan soda kue. Diamkan selama dua hingga tiga jam, lalu bilas dan keringkan.

Cara ini ampuh membantu menghilangkan kotoran dan karat yang menempel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya