Minyak Telon Ternyata Bisa Lindungi Anak dari DBD

Ilustrasi nyamuk malaria.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang hingga saat ini masih belum lenyap dari Tanah Air. Menurut artikel yang dikeluarkan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada tanggal 23 April 2016 lalu, Indonesia merupakan negara kedua dengan angka kejadian DBD tertinggi di dunia setelah Brasil.

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Dari data yang dimiliki oleh Kementerian Kesehatan RI, jumlah penderita DBD di Indonesia pada bulan Januari hingga Februari 2016 adalah sebanyak 13.216 orang dengan kematian mencapai 137 orang.

Dari hasil survei yang dilakukan oleh My Baby terhadap ibu berusia 20 hingga 45 tahun pada bulan Mei 2016, diketahui bahwa delapan dari 10 ibu di Indonesia mengkhawatirkan penyakit DBD yang timbul akibat gigitan nyamuk.

Sedang Ramai, Ini 5 Cara Mencegah Penyebaran Nyamuk DBD yang Mengancam Jiwa

Untuk melindungi anak dari gigitan nyamuk, para ibu pun disarankan untuk menggunakan minyak telon. Namun, tak semua minyak telon berguna menghindari gigitan nyamuk. Usahakan menggunakan minyak telon yang mengandung minyak citronella, minyak chamomile dan minyak serai.

Citronella oil merupakan bahan alami pengusir nyamuk, chamomile oil berguna untuk mencegah iritasi ringan pada kulit bayi," kata Dahlia Yolanda, Senior Brand Development Manager My Baby, saat jumpa pers di Plaza Senayan, Rabu 1 Juni 2016.

Masyarakat Diminta Waspada DBD dan HFMD, Kemenkes: Penyakit Tak Libur saat Libur Lebaran

Selain itu Dahlia menambahkan bahwa minyak citronella dan chamomile yang dikombinasikan dengan minyak serai yang terkandung di dalam minyak telon dapat menutupi indera nyamuk untuk mencium aroma manusia.

Penggunaan lotion atau pelembap tidak dianjurkan untuk anak-anak terutama yang berusia di bawah enam tahun karena menggunakan bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Menteri Kesehatan RI  Budi Gunadi Sadikin

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Penyakit arbovirosis atau infeksi yang disebabkan oleh sekelompok virus yang menyebar ke manusia melalui gigitan serangga, terus mengancam secara global. Termasuk DBD.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024