Perubahan Iklim Global, Bunga Terancam Kehilangan Aroma

Ilustrasi bunga mawar
Sumber :
  • REUTERS/Herwig Prammer

VIVA.co.id – Bunga mungkin kehilangan aroma mereka yang beragam dan sangat harum, karena peningkatan suhu yang terkait dengan perubahan iklim akibat pemanasan global. Demikian menurut para ilmuwan.

5 Negara yang Diramalkan Hilang dari Peta, Ada Tetangga Indonesia

Seperti yang telah kita semua ketahui, bunga menghasilkan aroma untuk menarik serangga penyerbuk masuk ke dalam organ reproduksi bunga dan memastikan kelangsungan spesies tanaman itu. Untuk melakukan hal ini, bunga merakit campuran puluhan, dan kadang-kadang ratusan, zat volatil dari beberapa kelompok biokimia, seperti dilansir dari Times of India.

Para ilmuwan telah sejak lama mengatakan bahwa bahwa peningkatan suhu yang terkait dengan perubahan iklim global memiliki efek negatif pada pertumbuhan tanaman. Namun, kali ini para ilmuwan di Universitas Ibrani Yerusalem telah menunjukkan bahwa peningkatan suhu lingkungan juga menyebabkan penurunan produksi aroma bunga.

Kasus Dengue di Indonesia Meningkat Dua Kali Lipat efek El Nino, Menurut Kemenkes

"Peningkatan suhu yang berhubungan dengan perubahan iklim global mengganggu simbiosis bunga dan serangga penyerbuk,interaksi yang difasilitasi terutama oleh warna bunga dan aroma," kata Alon Can'ani, seorang mahasiswa PhD di Universitas Ibrani Yerusalem.

Can'ani mempelajari mekanisme kontrol yang memungkinkan tanaman untuk mengatur produksi penciuman mereka.

Tanda Kiamat Mulai Muncul dari Bawah Tanah

Meski begitu, belum diketahui mengenai hal-hal lain yang dapat menyelamatkan aroma bunga agar tidak semakin berkurang karena perubahan iklim global. Diperlukan rentetan studi lebih lanjut untuk mengetahui solusi dan cara pencegahannya.

Ilustrasi perubahan iklim.

Jadwal 'Kiamat' Tak Bisa Ditunda, Sosok Penting Ini Menyerah

Bill Gates sering menyoroti urgensi menjaga Bumi dari dampak perubahan iklim, sambil aktif terlibat dalam upaya kemanusiaan untuk merawat lingkungan atau kiamat iklim ini

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024