Pulau ini Diklaim Mirip Planet Mars

Pulau Devon
Sumber :
  • Nasa.gov

VIVA.co.id – Pulau Devon di Baffin Bay adalah pulau tak berpenghuni terbesar di dunia. Lahan di pulau ini membeku sepanjang tahun, diselimuti oleh es dengan ketebalan 500 hingga 700 meter. Tumpukkan salju ini hanya hilang sekitar 45-50 hari selama musim panas. Saat musim panas, suhu di pulau ini meningkat 8 derajat celsius dari suhu rata-rata -16 derajat celsius.

Suhu Udara Terlalu Panas, Kota Ini Larang Warganya Berhubungan Seks

Dilansir Amusing Planet, Devon termasuk salah satu lahan kosong yang tidak subur, tidak ada satu pun tumbuhan atau hewan yang hidup di sana. Namun, Pulau Devon justru menarik bagi para ilmuan karena kondisi lahan dan iklimnya mirip dengan keadaan di planet Mars. Sejak 2001, Devon menjadi tempat penelitian bagi para ilmuan dari Haughton Mars Project (HMP) yang meneliti bagaimana manusia bertahan hidup di planet lain, khususnya Mars.

"Lahan yang tidak subur, temperatur yang dingin, terisolasi, dan terpencil perhatian para ilmuan NASA tertarik meneliti lebih lanjut tempat ini," tulis situs resmi NASA.

Berbahaya, Jangan Kunjungi Lima Kota Ini Sendirian

Penelitian ini dilakukan oleh Mars Society yang bermarkas di Flashline Mars Arctic Research Station (FMARS) yang berlokasi di sekitar kawah Haughton. Kawah ini berdiameter 23 kilometer dan terbentuk sekitar 39 juta tahun lalu ketika sebuah proyektil berdiameter 2 kilometer jatuh ke bumi. Konon katanya, kawah ini disebut-sebut sebagai tempat di bumi yang mirip dengan planet Mars.

Namun, tidak semua tempat di Pulau Devon tidak memilki tanda-tanda kehidupan. Di sebuah dataran rendah bernama Trulove Lowland terdapat beberapa tumbuhan dan kehidupan alam liar. Di tempat ini pula lumut-lumut tumbuh subur dan beberapa makhluk invertebrata ikut menghuni tempat ini seperti cacing, protozoa, nyamuk, serangga bahkan burung.

Destinasi Wisata Unik, Boneka Kelinci Raksasa di Atas Bukit

(ren)

Maskapai Skotlandia, Loganair

Merasakan Naik Pesawat Komersial Tersingkat, Cuma 1,5 Menit Saja

Rute penerbangannya cuma 1,7 mil.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2018