Benarkah Sekolah Internasional Lebih Baik?

Ilustrasi Pilih Sekolah
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Banyak orangtua beranggapan sekolah internasional pasti memiliki sistem pendidikan yang lebih baik dibandingkan dengan sekolah lokal. Sekolah internasional memang memiliki kurikulum yang berbeda dengan sekolah lokal di mana kurikulum tersebut dapat membangun berbagai aspek kemampuan anak.

Tips Persiapkan Anak Kembali ke Sekolah Usai Libur Panjang

Salah satu contohnya Australian Independent School (AIS) yang menerapkan kurikulum Australia. Dengan kurikulum ini siswa diajarkan untuk lebih mandiri dan dapat membangun kemampuan dirinya.

Menurut Marketing dan Admission Director AIS, Grace Chandra dalam mengajar, para guru tidak hanya menyampaikan dalam bentuk kata-kata saja tapi juga diperlihatkan dengan perbuatan.

Kenali Ciri Sekolah yang Aman dari Radikalisme

Setiap kelas memiliki kursi dan meja yang dibuat menyatu agar para siswa bisa saling berpartispasi dalam pengerjaan proyek sekolah.

"Dengan begitu kemandirian mereka akan terbangun. Mereka juga jadi lebih percaya diri dan berani mengeksplorasi serta mengambil risiko," ujar Grace.

Studi: Anak yang Berangkat Sendiri ke Sekolah Lebih Bahagia

Kurikulum sekolah internasional memang punya kelebihan yang sangat positif bagi perkembangan anak. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan kurikulum lokal jika nantinya buah hati Anda akan meneruskan pendidikan ke jenjang lebih tinggi di dalam negeri.

Di AIS, meski menggunakan kurikulum Australia, namun mereka tetap memberikan kurikulum Indonesia terutama yang masuk ke dalam Ujian Nasional. Dalam sepekan, ada satu hari yang diberikan untuk mengajarkan pelajaran Bahasa Indonesia, Agama, dan Pendidikan Kewarganegaraan.

Laporan: Adinda Permatasari

Baca Juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya