Disebut Konser Sambil Dakwah, Ini Tanggapan Iwan Fals

Musisi legendaris Iwan Fals
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA.co.id – Selama bulan puasa, musisi kawakan Tanah Air, Iwan Fals masih aktif memainkan gitarnya untuk menghibur masyarakat Indonesia. Pada Sabtu, 11 Juni 2016 lalu, pelantun lagu 'Lonteku' itu baru saja menggelar konser di kediamannya di Leuwinanggung, Tapos, Kota Depok, Jawa Barat.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Terkadang musisi yang menggelar pertunjukan saat bulan Ramadan kerap dikaitkan dengan aktivitas dakwah. Namun, pria dengan nama lahir Virgiawan Listanto itu menampik hal tersebut. Ia membiarkan para penonton mengambil pesan sendiri dari lagu-lagunya karena ia merasa belum memiliki kapasitas dalam hal menasehati orang lain.

"Saya enggak berani kasih pesan, siapalah saya. Tapi lagu itu bercerita sendiri. Saya enggak punya disiplin untuk menasehati orang, biarin lagu yang beri pesan sendiri," kata Iwan, Kamis, 16 Juni 2016.

Viral! 4 Pria Terkapar Dipukuli di Depan Polres Jakpus Dipicu Pengeroyokan Anggota TNI

Berbicara mengenai puasa, bagi Iwan puasanya adalah waktu untuk mendekatkan diri dengan lingkungan dan menggali lebih dalam ajaran-ajaran agama. "Pengendalian diri, bukan sekedar nahan haus dan lapar tapi gimana sosial dan bagaimana menghayati alam semesta dan coba masuk lagi menggali ajaran-ajaran sebagai muslim," ujarnya menambahkan.

Iwan berharap, saat mengisi acara dengan manggung di bulan Ramadan menjadi doa, ibadah dan membawa kebaikan bagi semua orang di bulan yang suci ini. "Jadi harapan saya siapa tahu pertunjukan itu jadi doa, Tuhan kan maha segala-galanya, pintu kebaikan masuk dari mana-mana. Saya merasa ini bagian dari ibadah. Buat saya musik itu ibadah.”

Layani Pemudik, Kemenhub Minta KAI dan KCIC Tambah Armada KA Feeder Whoosh

(mus)

Iwan Fals

Iwan Fals Dukung Hukuman Mati Bagi Pelaku Pelecehan Seksual

Iwan Fals senang Pemerintah tegas soal hukuman tersebut.

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2016