15 Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat di Perjalanan

Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat
Sumber :
  • Kemenkes

VIVA.co.id – Setelah menjalani khidmatnya bulan Ramadan, lazimnya masyarakat Indoensia, biasanya berbondong-bondong bersiap mudik ke kampung halaman. Tapi, mudik juga harus memiliki berbagai persiapan yang tidak bisa disepelekan. Nah, ada 15 tips mudik yang sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu.

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Diambil dari "Tips Mudik Sehat, Aman, dan Selamat" yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2016, masyarakat diminta  tidak menyepelekan keselamatan dan keamanannya selama di perjalanan. Hal yang patut Anda ingat adalah meliputi kondisi tubuh dan kendaraan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, mengonsumsi sumber makanan yang layak, serta memperhatikan lingkungan sekitar selama dalam perjalanan.

Berikut ini adalah 15 Pesan Tips Mudik Sehat, Aman dan Selamat yang ditujukan kepada pemudik, pengemudi dan masyarakat umum: 1) Siapkan fisik  yang sehat dan prima sebelum mudik; 2) Periksa kondisi kelayakan kendaraan; 3) Tidak meminum obat-obatan atau minuman yang menyebabkan kantuk sebelum dan selama mengemudi; 4) Beristirahat selama 15 menit setiap telah mengemudi selama 4 jam;

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

Selanjutnya, 5) Jangan paksakan mengemudi bila sudah lelah atau mengantuk; 6) Disiplin dan patuh rambu lalu lintas; 7) Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk; 8) Kendaraaan tidak melebihi muatan yang layak; 9) Gunakan masker dan lindungi diri dari polusi udara; 10) Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang diberikan oleh orang yang tidak dikenal. 

Sisanya adalah, 11) Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebelum makan; 12) Konsumsi makanan dan minuman yang sehat; 13) Buanglah sampah pada tempatnya; 14) Tidak buang air kecil/besar sembarangan, gunakan toilet yang tersedia; dan 15) Bila sakit, manfaatkan pos kesehatan terdekat.

Posko Angkutan Lebaran 2016 Resmi Ditutup

Seperti diketahui, pada Operasi Ketupat 2015 oleh Polda Metro Jaya yang dilakukan saat lebaran tahun 2015, tercatat sebanyak 308 kecelakaan terjadi selama periode operasi tersebut. Tidak hanya itu, hal tersebut juga memakan korban yang tidak sedikit.

"Jumlah korban sebanyak 113, korban meninggal dunia ada 6, korban luka berat ada 32, dan korban luka ringan sebanyak 75," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Risyapudin Nursin beberapa waktu lalu.

Dengan catatan tersebut, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, Oscar Primadi menghimbau agar masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik bisa lebih berhati-hati. Ia berharap, kasus kecelakaan juga bisa dihindari selama perjalanan mudik dengan mengikuti tips yang sudah dirilis tersebut.

"Saya berharap tahun ini jumlah korban dan kasus kematian bisa semakin berkurang berkat kehati-hatian pengemudi," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 17 Juni 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya