10 Destinasi Wisata Bandung Layak Dikunjungi saat Lebaran

Pesona Kawah Putih.
Sumber :
  • ANTARA/ M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Lebaran atau Idul Fitri yang tidak lama akan menyapa umat Muslim dunia menjadi hari yang ditunggu bagi kebanyakan masyarakat Indonesia untuk pulang ke kempung halaman alias mudik. Mudik yang kerap dilakukan saat menjelang Lebaran sudah menjadi tradisi di Tanah Air.

Zodiak Hobi Fitnah Hingga Wisata Bandung Ala Korea

Jika hari pertama dan kedua Lebaran, biasanya diisi dengan silaturahmi dan halal bihalal bersama keluarga, kerabat, sahabat dan rekan, maka di hari ke tiga dan empat Lebaran, biasanya baru melakukan tamasya. Jika Anda warga Bandung atau perantauan asal Bandung, saatnya menikmati tamasya di kota Paris Van Java ini.

Ada banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Ibu Kota Jawa Barat ini. "Ada ratusan lokasi wisata yang bisa didatangi selama libur Lebaran di Bandung. Semuanya oke-oke," kata Bahkan, Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya dalam keterangannya kepada VIVA.co.id.  

Hits! Intip 8 Wisata Bandung yang Jadi Spot Foto Instagramable

Nah, berikut ini 10 destinasi wisata di Bandung yang layak dikunjungi saat libur Lebaran bersama dengan orang terkasih.

1. Kawah Putih Ciwidey

Rencana Liburan ke Bandung? Ini Pilihan Destinasi Wisatanya yang Yahud

Lokasi Kawah Putih hanya sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung, tepatnya di Jalan Raya Soreang, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Anda bisa melihat danau kecil yang tercipta dari letusan Gunung Patuha abad ke-10. Letusan vulkanik itu membuat kawah putih menyuguhkan keindahan luar biasa.

Sementara asap putih terus keluar dari kawah belerang dan airnya yang selalu berubah warna mengikuti cuaca. Karena itu, bagi penggemar objek foto selfie, di sini tempatnya.

Kawah Putih berada di ketinggian 2.400 meter dari permukaan laut. Jadi, jika ke sini, jangan lupa bawa jaket atau baju tebal. Adapun tiket masuk ke Kawah Putih Rp20 ribu per orang. Dan jam operasionalnya mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

objek wisata kawah putih, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

2. Balai Konservasi Rusa Ranca Upas Ciwidey

Tak jauh dari Kawah Putih Ciwidey, ada balai konservasi penangkaran rusa dan bumi perkemahan. Anda bisa juga berinteraksi dengan kawanan rusa di sana, sembari memberi makan wortel ataupun sayuran.

Aktivitas outdoor juga tersedia di tempat ini. Dan bagi keluarga yang berkunjung ke sini, tersedia berbagai aktivitas air yang bisa dinikmati anak-anak dan pemandian air panas. Tempat ini juga menyediakan peralatan berkemah yang dapat disewa.

Balai konservasi ini terletak di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, Desa Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk masuk ke sini, tiket masuknya Rp10 ribu per orang pada hari biasa dan Rp15 ribu di akhir pekan.

Ranca Upas Ciwidey

3. Situ Patenggang

Lokasinya hanya berjarak 10 menit dari Kawah Putih, jadi dari sana, Anda bisa mampir ke tempat ini. Menurut legenda Jawa Barat abad ke-15, Situ Patenggang adalah tempat pertemuan Pangeran Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi setelah berpisah selama bertahun-tahun, sehingga tak jarang pasangan datang ke sini, karena percaya bisa melanggengkan hubungan.

Di sini Anda bisa naik perahu untuk mengelilingi danau. Perkebunan teh di sekeliling danau-pun seakan berkolaborasi apik dengan suara gemericik air. Lokasi destinasi wisata ini berada di Patengan, Rancabali, Bandung. Tiket masuk ke sini hanya Rp15 ribu per orang.

Situ Patenggang

4. Curug Malela

Curug Malela merupakan air terjun terbesar yang ada di Bandung, dengan tinggi 70 meter dan lebar 50 meter. Lokasinya berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat.

Jika dari pusat Kota Bandung menuju lokasinya ini dibutuhkan waktu selama tiga jam. Meski jauh, namun keindahan yang ditawarkan Curug Malela tidak akan membuat Anda menyesal. Bahkan bagi penggila tracking, curug ini sangat cocok, karena medannya yang cukup terjal untuk menuju ke air terjun.

Curug Malela

5. Goa Pawon dan Stone Garden Padalarang

Goa Pawon adalah sebuah situs bersejarah tempat ditemukannya bermacam peninggalan prasejarah yang banyak dipamerkan di Museum Geologi Bandung. Untuk mencapai mulut Goa Pawon, Anda harus terlebih dahulu melakukan 20 pendakian di Gunung Pasigit.

Jika Anda lanjutkan perjalanan beberapa langkah lagi ke arah puncak gunung, maka Anda akan menemukan Stone Garden atau Taman Batu, sebuah cagar geowisata bertabur batu karang seperti yang biasa terdapat di pesisir pantai.

Para ilmuwan meyakini bahwa jutaan tahun lalu, kawasan antara Padalarang dan Nagreg merupakan sebuah Danau Purbakala. Artinya, Kota Bandung dulunya terletak sedalam ratusan meter di bawah permukaan air. Dan berdasarkan teori, beberapa gempa vulkanik besar menyebabkan air danau raksasa tersebut surut, sehingga tercipta sebuah lembah.

Di sini Anda bisa melihat langsung bukti ilmiah berupa cangkang-cangkang kerang dari zaman purbakala yang menempel di batu karang. Lokasi goa ini berada di Desa Gunung Pasigit, Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat, dengan tiket masuk Rp5.000 per orang.

6. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Taman Hutan Raya atau yang biasa disingkat dengan sebutan Tahura, jaraknya hanya 30 menit dari pusat kota Bandung. Lokasi tepatnya di  jalan Ir. H. Juanda, Lembang, Jawa Barat.

Taman ini membentang di lahan seluas 590 hektare. Adapun tujuan dibuatnya Taman Hutan Raya adalah sebagai hutan lindung dan kawasan konservasi bagi aneka tumbuhan dan bunga di Bandung.

Di taman ini terdapat museum yang memamerkan barang-barang peninggalan tokoh nasional Ir. H. Juanda serta berbagai artefak yang ditemukan di sekitar kawasan ini.  Salah satu lokasi populer di Taman Hutan Raya ini adalah Tebing Keraton, sebuah tebing dengan pemandangan hutan pinus yang indah dan cocok dijadikan tempat ber-selfie.

Di taman ini juga terdapat dua air terjun berbeda, Curug Lalay dan Curug Omas. Untuk masuk ke lokasi ini, Anda dikenakan tiket masuk Rp11 ribu per orang, dengan jam operasional 08.00 – 18.00 WIB.

7. Taman Wisata Maribaya

Terkenal dengan air terjun Curug Maribaya, Taman Wisata Maribaya berlokasi di bagian utara Taman Hutan Raya. Selain dapat diakses dengan mudah melalui Lembang, taman ini juga bisa dicapai melalui jalan setapak dari Taman Hutan Raya.

Di sini Anda bisa berjalan melintasi jalur hutan sambil menghirup segarnya udara pegunungan. Begitu mendekati air terjun, Anda akan langsung bisa merasakan dingin dan segarnya percikan air yang mengenai tubuh ditambah aroma hutan nan alami.

Untuk mengistirahatkan kaki yang letih setelah menempuh perjalanan, Taman Wisata Maribaya juga memiliki kolam mata air panas, yang diyakini berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Tiket masuk wisata yang berlokasi di Jalan Maribaya, Lembang, Bandung Barat, tersebut hanya Rp8 ribu. Adapun, jam operasional destinasi ini mulai pukul 08.00 – 16.00 WIB.

8. The Lodge Earthbound Adventure Park

Ini adalah tempat yang menawarkan beragam aktivitas menyenangkan untuk anak-anak. Anda juga bisa bermeditasi di tengah hutan pinus sambil merasakan sejuknya hembusan angin pegunungan atau bermain paintball.

Di samping itu, tempat wisata yang berlokasi di KM 4,5 Maribaya, Cibodas, Lembang ini, banyak tersedia fasilitas outdoor lain yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Adapun jam operasional lokasi wisata ini mulai pukul 10.00 – 17.00 WIB.

9. Gunung Batu

Gunung Batu berlokasi di Jalam Maribaya, Lembang Jawa Barat. Gunung ini adalah salah satu tempat yang menawarkan pemandangan fenomenal. Bukit yang merupakan bagian dari patahan Lembang ini letaknya cukup dekat dengan pusat kota Lembang dengan waktu tempuh hanya 5-10 menit.

Dengan ketinggian 1.228 meter di atas permukaan laut, Anda dapat menikmati cantiknya lampu-lampu kota Bandung di malam hari maupun gunung-gunung besar, seperti Manglayang, Tangkuban Perahu, Gunung Putri,

10. De’Ranch, Lembang

Tempat ini awalnya adalah sebuah peternakan, namun sejak tahun 2007 diubah menjadi sebuah taman hiburan keluarga dan menjadi salah satu destinasi favorit di Bandung. Pengunjung dapat mengenakan kostum koboi dan menunggang kuda untuk menjelajahi kawasan natural seluas 5 hektare ini.

Ada berbagai kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini bersama keluarga, seperti panahan, flying fox, dan memancing. Anda juga bisa belajar banyak tentang perawatan kuda dan sapi, mulai memberi makan dan memandikan hewan ternak hingga memerah susu sapi. Lokasi De’Ranch berada di Jalan Maribaya No. 17, Lembang, Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya