Studi: Hidup Menjadi Lebih Nikmat Ketika Pensiun

Ilustrasi orang tua
Sumber :
  • Pixabay/huskyherz

VIVA.co.id – Penelitian di Australia menemukan bahwa kegiatan sehari-hari akan terasa lebih nikmat ketika sudah pensiun. Tingkat kenikmatan berlangsung setidaknya setahun setelah seorang pensiun secara penuh, peneliti melaporkan dalam jurnal Age and Ageing.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

"Ada bukti yang bertentangan tentang perubahan dalam kenikmatan dan kebahagiaan ketika seorang pensiun," tulis salah satu penulis Tim Olds dari University of South Australia kepada Reuters Health pada sebuah email.

Di satu sisi, orang bisa kehilangan hubungan sosial dan tujuan dalam hidup ketika mereka pensiun, kata Olds. Di sisi lain, pensiun menawarkan kesempatan untuk melakukan hal-hal yang Anda inginkan.

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

"Kami menemukan bahwa Anda mungkin lebih bahagia ketika Anda pensiun, kata Olds kepada Reuters Health dalam e-mail, seperti dilansir laman Fox News.

“Itu bukan karena seorang yang telah pensiun menghabiskan banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai dan sedikit waktu melakukan yang mereka tidak sukai," kata Olds.

Marcus Fernaldi Gideon Pensiun, PBSI Panggil Minions

Penelitian dilakukan terhadap 124 peserta yang akan memasuki masa pensiun dalam waktu tiga atau enam bulan. Grup ini terbagi dua, sebagian pria dan sebagian wanita dengan usia rata-rata 62 tahun.

Pada awal penelitian, Olds dan rekan-rekannya meminta peserta untuk mengingat kegiatan mereka dalam 24 jam terakhir. Kegiatan dikelompokkan menjadi delapan kategori: aktivitas fisik, sosial, perawatan diri, tidur, waktu menonton, waktu tenang, transportasi, pekerjaan, dan tugas-tugas. Dibandingkan dengan yang sebelum pensiun, peringkat kenikmatan secara signifikan lebih tinggi selama penelitian.

"Perubahan sebagian disebabkan terhadap kegiatan yang lebih menyenangkan. Karena pensiunan mendapatkan lebih banyak kenikmatan dari melakukan kegiatan yang sama pasca pensiun," ujar peneliti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya