Pengalaman Ramadan Raline Shah di Norwegia

Raline Shah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nuvola Gloria

VIVA.co.id – Ramadan tahun ini, aktris Raline Syah sengaja mengosongkan waktunya untuk terbang ke Norwegia bersama adik dan Duta Besar Norwegia untuk Indonesia. Hal tersebut diungkapkan Raline saat dijumpai di salah satu mal di Jakarta Pusat, Rabu malam, 22 Juni 2016.

Kok Bisa Umat Islam Bakal Puasa Ramadhan 2 Kali pada 2030, Ini Penjelesannya

"Di Norwegia sebenarnya saya diajak sama Duta Besar dan istrinya. Sebenarnya saya sudah janji sama mereka untuk berkunjung ke sana, tapi baru tahun ini baru sempat ke sana," kata Raline.

Lantas pengalaman apa saja yang ia dapatkan selama tujuh hari di sana, di bulan Ramadan?

Iran Tangkap Anggota Senior ISIS yang Berencana Ledakkan Kota saat Idul Fitri

"Saya ke museum-museum, naik helikopter, dikasih kayak pesta pernikahan gitu di tengah laut, lucu aja. Saya kayak dikasih simulasi pernikahan, jadi bisa lihat ternyata kultur pernikahan mereka seperti itu, dibawa di atas sampan nyeberang ke laut, terus ke gerejanya," cerita wanita berdarah Sumatera Utara itu.

Ini pertama kali Raline ke Norewgia dan pertama kali pula ia tahu bahwa di sana banyak museum. "Terus aku sempat tarawih sama adik-adik di sana. Aku rasa penting, jadi kita tahu bagaimana umat Islam menjalani ibadah di Norwegia," katanya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Bayar Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan?

Tak hanya pengalaman bertarawih di Norwegia, Raline pun kagum dengan masyarakat Norwegia yang sangat mencintai alam mereka.

"Aku banyak belajar dari trip itu, negara maju di dalam country yang orang-orangnya masih sayang sama alamnya. Kalau liburan mereka masih bersepada, naik gunung, mancing," ucapnya.

Raline berharap Indonesia yang memiliki banyak kekayaan alam, juga bisa dihargai dan dicintai oleh masyarakatnya sendiri.

"Aku ngebayangin di Indonesia kan seindah ini. Anak-anak, dari pada ke mal, kita kasih lihat hal-hal seperti itu (alam). Anak-anak di Norwegia juga dari kecil diajarin untuk berlibur seperti itu, jadi secara otomastis anak-anak bisa mencintai alam," kata Raline. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya