Mencicip Kelezatan Kreasi Nasi Goreng Shanghai

Stir fried Prawn with gang Bao sauce
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Rintan Puspitasari

VIVA.co.id – Sebuah kota menakjubkan dan menjadi salah satu kota yang sangat penting di negara tirai bambu, China. Negara ini, juga punya beragam kuliner khas. Dan, menyebut kuliner Shanghai seakan tidak bisa dijauhkan dari dumpling.

4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling

Baik itu Xiao Long Bao, yang memiliki kuah di bagian dalamnya, kemudian guo tie yang mirip seperti gyoza, dimana bagian bawahnya di pan fry, namun bagian atasnya lembut dan kenyal. Hingga nasi goreng khas Shanghai.

Kekayaan ragam kuliner dari kota yang sering didengar namanya dalam banyak film kungfu ini telah banyak dikenal dan dinikmati di berbagai belahan dunia, Indonesia salah satunya.

Sambut Hari Perempuan Internasional dengan Lomba Lari, Bisa Nikmati Keindahan Solo-Kulineran

Tidak hanya kuliner otentik, namun hidangan fusion pun ada di Indonesia. Salah satu restoran yang terletak di Jakarta Utara, Fook Yew menyajikan kuliner fusion dari kota padat penduduk ini.

Menilik suasana restoran yang menggambarkan kantin bergaya pop Cina kuno, pengunjung langsung disambut dengan keberadaan kucing raksasa pengundang rezeki yang kalau di Jepang disebut maneki neko, dan tertulis Not made in China, lengkap dengan hiasan khas China seakan siap memanjakan pengunjung, tidak hanya lidah namun juga visual.

Viral Pria Dimarahi Pacar Gegera Makanan Sehat

Setelah memanjakan pelanggan dengan banyak pilihan menu, kini restoran yang memiliki ciri ikonik kucing raksasa di setiap restorannya kembali memperkenalkan menu baru, yang siap memanjakan lidah penggemar hidangan Shanghai fusion.

Terdapat 10 menu baru kreasi Sifu (sebutan Chef) yang bisa dicoba pelanggan, terdiri 1 dimsum, 3 fried rice, 5 main course dan 1 dessert."Ada 10 menu baru makanan, terdiri 1 dimsum, 3 fried rice, 5 main course, dan 1 dessert,"papar Cynthia Vinynda, Marketing and Promotion Fook Yew, di Mal Kelapa Gading 5, Jakarta Utara.

Menu baru tersebut antara lain Chicken Wings, Sweet and Spicy Crispy fish, Steamed Scallop, Stir fried Prawn with Gong Bao Sauce, Spicy Fish Hot Plate, untuk dessert ada Crispy Durian Custard Pancake.

Sedangkan untuk fried rice, terdapat tiga kreasi baru, yaitu Crispy Sichuan Wheat, Xiao Gan Olive, Yin Yang Spicy, dan satu jenis dumpling baru yang dinamakan Steamed Scallop Shaolin.

.Xiao Gan Olive Fried Rice

                                                           Xiao Gan Olive

Diantara menu baru tersebut, kreasi nasi goreng merupakan hal baru yang cukup menggoda untuk dicoba. Seperti Crispy Sichuan Wheat, dimana nasi goreng disajikan dengan gandum, namun jangan pandang sebelah mata dengan menduga masakan ini akan terasa hambar, karena saat dicicipi, hidangan nasi goreng ini justru memiliki rasa sedikit manis dan pedas.

"Karena gandum sendiri memberi rasa kenyang, untuk itu khusus nasi goreng ini disajikan dalam porsi lebih kecil," jelas Cynthia

Sedangkan untuk nasi goreng Xiao Gan Olive, terdapat black olive, dan rumput laut di dalamnya,"Nasi goreng olive belum pernah ada, dan saat di tester, sifu mencoba menggunakan black olive, juga seawed di dalamnya, ternyata lezat."

Rasa yang tercipta dari paduan tersebut membuat nasi goreng ini gurih dan lezat dinikmati meski tanpa lauk.

Untuk pencinta rice crackers, wajib mencoba kreasi nasi goreng yang satu ini, Yin Yang Spicy Fried Rice. Sensasi kriuk saat makan nasi goreng seakan sedang mengonsumsi potongan krupuk di dalam nasi goreng. Disarankan untuk segera mengonsumsi nasi goreng ini panas-panas.

Untuk main course, salah satu yang wajib dicoba adalah Stir Fried Prawn with Gong Bao Sauce. Roti yang sengaja dibentuk seperti batok kelapa ini lezat dinikmati bersama olahan udang yang diletakkan di bagian tengahnya. Sensasi rasa manis yang muncul dari Gong Bao sauce atau lebih dikenal dengan Kung Pao ini berbaur dengan roti mantau yang lembut di bagian dalam namun sedikit renyah di luar.

"Kung pao kan biasanya pakai ayam, ini dicoba dengan udang, dan disajikan dengan mantau."

Sedangkan untuk dessert sendiri, terdapat 7 variant baru Shanghai Soursop yang sayang untuk dilewatkan, diantaranya kelapa, durian, melon. Tidak hanya karena rasanya yang menyegarkan sebagai penutup, namun juga penampilannya yang cantik, sangat menarik.

Dessert shanghai soursop

                                                              Dessert shanghai soursop

Info Restoran

Fook Yew
Mal Kelapa Gading 5, Ground Floor
Harga     : Rp28.000-Rp145.000
Jam Buka  : Mengikuti Mal
Fasilitas : free Wi-Fi
Konsep    : Old Chinese Pop style
Kapasitas :
156orang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya