Kenali Tanda Keterlambatan Tumbuh Kembang Anak

Ibu muda merawat anak.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id –  Ada banyak sekali jenis gangguan tumbuh kembang pada anak, mulai dari yang ringan sampai yang sangat kompleks. Gangguan tumbuh kembang anak ini harus dikenali sedini mungkin, agar dampaknya lebih lanjut dapat segera dihindari. Berikut ini, tanda-tanda anak Anda mengalami gangguan tumbuh kembang, seperti dilansir dari laman Parenting.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Pahami perkembangan anak pada masing-masing usia

Langkah awal untuk mendeteksi gangguan tumbuh kembang pada anak adalah dengan memahami pertumbuhan anak di masing-masing usianya. Sehingga, dengan memahami hal tersebut, orangtua bisa dengan cepat mengenali pertumbuhan anak yang cenderung tidak sesuai usianya.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Terlambat bicara

Anak yang mengalami pertumbuhan yang lambat, cenderung menunjukkannya melalui dua, atau lebih bagian keterlambatan tersebut. Misalnya, saat anak berusia 15 bulan dan anak masih belum mampu mengatakan beberapa kata, atau melangkah, serta terlihat sibuk dengan dunianya sendiri. Hal tersebut patut Anda curigai sang buah hati mengalami keterlambatan pada pertumbuhannya.

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Lambatnya perkembangan motorik anak

Perkembangan motorik adalah proses tumbuh kembang kemampuan gerak seorang anak. Pada dasarnya, perkembangan motorik ini berkembang sejalan dengan kematangan saraf dan otot anak. Karena itu, terhambatnya tumbuh kembang anak dapat ditandai dengan lambatnya perkembangan motorik anak. Misal, anak yang berusia 17 bulan, namun belum bisa berjalan. Jika hitungan bulannya terhitung lebih dari dua bulan, atau lebih usia yang seharusnya ia berkembang, waspada ia memang mengalami pertumbuhan yang lambat.

Kesulitan memahami dan merespons

Hal terakhir, yaitu si kecil cenderung kesulitan memahami, atau merespons tiap kalimat yang Anda sebutkan. Biasanya, bayi berusia delapan dan 12 tahun akan menunjuk hewan kesukaannya saat Anda menanyakan di mana gambar hewan kesukaannya. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda segera konsultasi ke dokter, agar mencegah terhambatnya pertumbuhan si kecil yang lebih lama.

Itulah beberapa tanda gangguan tumbuh kembang pada anak. Yang penting untuk diingat, bahwa tanda-tanda perkembangan setiap anak tidaklah sama, tergantung proses kematangan masing-masing anak. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya