Konsumsi Kopi Berlebih Turunkan Kesuburan Pria?

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed

VIVA.co.id – Sebuah studi mengklaim bahwa konsumsi kopi yang berlebih sangatlah tidak baik untuk pria. Hal ini karena akan berpengaruh terhadap tingkat kesuburan pria.

Makan Daging Merah Bantu Tambah Kesuburan Pasangan?

Penelitian yang dilakukan pada lebih dari 100 orang dengan rentang usia 35-37 tahun ini menghasilkan data bahwa satu dari lima pria yang meminum kopi lebih dari dua gelas per hari, memiiliki sedikit peluang keberhasilan punya anak meskipun melalui proses bayi tabung seperti dilansir dari Boldsky.

Pria yang tidak meminum kopi dikatakan memiliki 50 persen tingkat keberhasilan dalam masalah kesuburan. Selain itu, penelitian ini juga menjelaskan bahwa kafein berdampak pada sperma dalam tingkatan mikroskopis.

Masa Depan Kaum Adam Terancam Gelap

Seperti dikutip dari laman Telegraph, satu gelas espresso mengandung sekitar 100 miligram kafein. Setiap orang yang mengonsumsi 265 miligram lebih kafein per hari, akan lebih sedikit kemungkinan menjadi seorang ayah.

Penelitian ini juga mengklaim bahwa pria butuh mengontrol dan mengurangi asupan kafein mereka ketika dalam periode ingin menjadi seorang ayah. Meskipun asupan kafein dapat menurunkan stres dan cukup baik, tapi konsumsi berlebihan dapat mempengaruhi kesuburan secara drastis.

15 Persen Penyebab Pasangan Tidak Punya Anak karena Pria Tidak Subur

Selain itu, seorang pakar kesehatan juga menyarankan, olahraga dan kebiasaan makan juga baik dalam mengurangi konsumsi jumlah kafein yang masuk ke dalam tubuh. 

Ilustrasi sperma.

10 Pengobatan Rumahan Alami dan Efektif untuk Meningkatkan Jumlah Sperma Pria

Menurut WHO, konsentrasi normal sperma pada pria minimal 20 juta per ml air mani. Kurang dari 15 juta sperma perl ml dianggap sebagai jumlah sperma rendah oligozoospermia

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024