Ibu Hamil, Lakukan Ini Agar Nyaman Saat Mudik

Ibu hamil traveling.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Mudik menjadi hal yang dinanti-nantikan menjelang Lebaran. Namun, banyak wanita hamil sering merasakan beberapa kesulitan di dalam perjalanan menuju kampung halamannya. Nah, beberapa tips ini bisa Anda lakukan selagi menjalani mudik.

8 Tips agar Mudik Tak Membosankan Saat Terjebak Macet

Dilansir dari laman ohbabymagazine.com, biasanya usia kehamilan yang disarankan untuk bepergian sekitar 36 minggu. Di kehamilan trimester kedua, wanita memiliki lebih banyak energi dan masih bisa banyak bergerak saat bepergian. Pada usia kehamilan tersebut juga, diprediksi sudah melewati masa-masa kritis kehamilannya.

Saat dalam perjalanan, kemungkinan untuk kram pada beberapa bagian tubuh sangat besar. Sangat disarankan untuk Anda yang mudik melalui jalur darat dengan kendaraan pribadi, berhenti setiap satu jam sekali untuk meregangkan kaki atau berjalan-jalan sejenak.

Kolom Prof Tjandra: 7 Masalah Kesehatan Mudik dan 4 Tips Atasinya

Bagi yang mudik dengan kereta api maupun pesawat, jaga sirkulasi peredaran darah dengan cara menggerakkan kaki dan olahraga pergelangan kaki. Selain itu, jika memungkinkan, Anda bisa berdiri secara rutin untuk berjalan-jalan di sekeliling. Bentuk kenyamanan lain saat Anda duduk seperti menyelipkan bantal di area punggung atau pastikan udara di sekeliling Anda tetap segar.

Agar semakin nyaman saat mudik, Anda bisa mempersiapkan barang-barang ini. Bawa bantal dan selimut yang nyaman, selain itu siapkan eye mask, kaos kaki, dan daftar musik favorit yang menenangkan. Hal ini selain menimbulkan rasa nyaman, juga bisa membantu beristirahat dan tidur selama perjalanan.

3 Trik Simpel Atasi Pegal saat Mudik, Jangan Lupa Sensasi Panas

Nah, bagaimana persiapan mudik Anda?

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Siap-Siap Kepadatan Arus Balik, Ini Tips Perjalanan Nyaman Bagi Ibu Hamil

Ada beberapa tips yang diberikan dokter Rendy, agar pemudik yang dalam kondisi hamil, bisa aman dan nyaman selama perjalanan arus balik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2023