Permainan Seru Agar si Kecil Tidak Bosan Selama Mudik

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Mudik merupakan momen mengasyikkan sekaligus melelahkan. Apalagi, rasa bosan kerap hinggap pada anak-anak yang tidak terbiasa dengan perjalanan jauh selama mudik. Beberapa permainan ini bisa Anda lakukan bersama si kecil agar mudik terasa lebih mengesankan.

Tips Nyaman dan Aman Mudik ke Kampung Halaman bersama Buah Hati

Dilansir dari laman whattoexpect.com, bepergian dalam jangka waktu lama bersama anak dapat membuat si kecil banyak mengeluh dan rewel. Mungkin beberapa permainan ini bisa Anda lakukan selagi dalam perjalanan mudik.

1. Menulis dan Menghapus
Salah satu benda yang memungkinkan untuk dibawa selama mudik yaitu papan tulis kecil, spidol, dan penghapusnya. Untuk anak usia balita, mereka bisa menggambar sebisanya dan menghapusnya lagi. Anak prasekolah bisa lebih aktif yakni belajar menulis beberapa kata. Tugas Anda mungkin bisa menebak-nebak apa yang sedang ia tulis atau gambar. Hal ini dapat melatih daya imajinasi si kecil.

Tips Mudik Nyaman Bersama Balita

2. Cari Objek di Perjalanan
Ambil keuntungan dari pemandangan selama perjalanan mudik. Ajak si kecil untuk mencari objek yang sukar terlihat, seperti seekor sapi atau mobil biru. Pastikan semua anggota keluarga di dalam perjalanan ikut bermain. Jika si kecil mampu menemukan objek tersebut, berikan ucapan selamat agar ia merasa usahanya dihargai.

3. Meniru
Untuk anak usia balita, biarkan ia meniru sikap unik atau mimik wajah Anda yang lucu. Bagi anak usia prasekolah, ajak agar ia mengikuti gerakan Anda di beberapa tempat. Misalnya, memegang pipi satu kali lalu ke perut tiga kali dan terakhir ke hidung dua kali. Jika si kecil dapat dengan benar mengikuti jumlah gerakan Anda, beri ia tepukan dan ucapan 'hebat'.

Anak Rewel Saat Mudik Bisa Dicegah, Siapkan 7 Hal Ini

4. Majalah Multifungsi
Butuh aktivitas yang memungkinkan si kecil melupakan rasa lelahnya di perjalanan? Gunakan majalah! Untuk anak balita, biarkan ia menemukan objek yang Anda tentukan. Biarkan hal tersebut membuatnya sibuk sepanjang perjalanan. Nah, untuk anak prasekolah, berikan objek berupa kata-kata atau warna favoritnya agar ia temukan. Atau bisa juga membuat ia menghitung jumlah objek yang Anda tentukan yang ada di dalam majalan tersebut.

Beberapa permainan sederhana tersebut bisa menjadi trik antirewel buat si kecil. Apalagi, si kecil juga mudah tertidur jika sudah lelah mengikuti permainan yang Anda berikan.

Ilustrasi mudik

Tips Mudik Nyaman Saat Membawa Balita dan Anak di Bawah Umur

Berbicara mudik, tentu ada berbagai persiapan yang perlu dilakukan terutama bagi orang tua yang memiliki anak kecil. Lalu, apa saja yang perlu Anda persiapkan?

img_title
VIVA.co.id
20 April 2023