Afgan Gandeng Musisi Inggris di Album Baru

Afgan
Sumber :
  • Adinda Permatasari/VIVA

VIVA.co.id – Butuh empat tahun bagi Afgan untuk bisa mengeluarkan karya terbarunya dalam album yang diberi tajuk Sides. Pada album ini, Afgan mencoba menunjukkan berbagai sisi dirinya dalam selama berkarier di dunia musik.

Afgan Syahreza Blak-blakan Cerita Soal Asmara, Udah Punya Pasangan?

Tidak hanya memunculkan karya berbeda, album ini juga menjadi album spesial bagi Afgan. Karena, ia berkesempatan bekerja sama dengan dua musisi asal Inggris.

Awal kerja sama itu tidak terjadi begitu saja. Afgan harus mengirimkan dahulu demo vokalnya hingga kemudian musisi itu setuju bekerja sama dengan Afgan.

Sukses Jadi Penyanyi Ngetop, Afgan Ternyata Korban Bully Semasa Sekolah

Musisi itu bahkan hingga rela terbang ke Indonesia demi membantu dan menggarap album Sides. Tentu ini menjadi kebanggaan yang tak terhingga bagi penyanyi 27 tahun ini.

"Dia itu yang memproduseri Craig David dan Ed Sheeran. Saya sejak kecil sudah dengerin Craig David dan bisa bekerja sama dengan orang yang saya kagumi itu seperti mimpi jadi kenyataan," ujar Afgan, Senin 27 Juni 2016.

Ferdy Sambo Dituntut Hukuman Seumur Hidup, Ini Curahan Hati Trisha Eungelica

Meski mendapat bantuan dari musisi luar negeri untuk albumnya, Afgan tidak serta merta menganggap album ini memiliki kualitas terbaik. Bagi Afgan, musisi luar negeri dan dalam negeri memiliki kualitas yang sama bagus.

"Karena ini musisi luar negeri enggak menjamin 100 persen albumnya jadi bagus. Musisi kita juga enggak kalah. Tapi, di sini bisa bekerja sama dengan musisi yang memberi saya influence adalah suatu achievement yang bisa dibanggakan," tuturnya.

Perkembangan dunia digital yang memengaruhi penjualan album para musisi di Indonesia menjadi salah satu tantangan bagi Afgan. Walaupun sudah membuat karya berkualitas, penjualan album secara fisik masih menjadi kendala bagi para musisi termasuk dirinya.

Karena itu, salah satu strategi dalam memasarkan albumnya, Afgan memberi bonus berupa booklet dan DVD konser.

"Jadi, yang beli album saya enggak cuma dengar lagunya doang," kata Afgan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya