Ini Alasan Anak Dilarang Konsumsi Kafein

Ilustrasi kopi
Sumber :
  • REUTERS/Jorge Silva/File Photo

VIVA.co.id – Susu adalah pilihan lebih sehat untuk anak jika dibandingkan dengan kopi. Itu karena kopi memang tidak baik untuk anak.

Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI

Bukan hanya, anak, bahkan orang dewasa juga perlu membatasi mengonsumsi kopi. Masalahnya adalah pada kafein. Faktanya, anak juga kerap mendapat asupan kafein dari berbagai makanan seperti kue dan minuman ringan.

Kafein adalah stimulan yang mirip dengan narkoba. Meskipun membuat anak merasa energik sesaat, beberapa saat kemudian akan membuatnya lesu dan menyebabkannya ketagihan.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Berikut ini beberapa fakta lain dari efek memberikan kopi kepada anak, seperti dilansir dari laman Boldsky.

Fakta 1

Ogah Bawel soal Jatah Menteri PAN, Zulhas Pasrah ke Prabowo

Menurut survei, anak yang mengonsumsi minuman ringan yang mengandung kafein akan memiliki risiko 60 persen lebih tinggi mengalami obesitas. Dan gula juga menjadi salah satu penyebabnya.

Fakta 2

Kafein bisa menimbulkan rasa gugup dan gangguan jantung. Tapi anak tidak menyadari akan hal ini, dan justru akan semakin kecanduan dengan kafein.

Fakta 3

Bila membatasi asupan kafein, anak mungkin mengalami gejala penolakan karena merupakan zat adiktif. Itu mengapa lebih baik untuk menjauhkan kafein dari anak.

Fakta 4

Kafein bisa menyebabkan dehidrasi, karena memiliki siat diuretik yang menjadi salah satu penyebab sering buang air kecil. Jadi, anak akan merasa lebih cepat haus jika mengonsumsi kafein.

Fakta 5

Bukan hanya minuman ringan yang mengandung kafein, minuman lainnya seperti kopi juga tidak baik untuk gigi anak. Hal ini bisa menyebabkan erosi pada lapisan pelindung gigi dan menyebabkan masalah gigi lainnya.

Fakta 6

Kafein merupakan minuman yang tidak mengandung kalori. Anak bisa jadi kehilangan banyak nutrisi lainnya jika hanya mengonsumsi banyak kafein.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya