Tujuh Mitos Seputar Mengencangkan Payudara

Bra
Sumber :
  • Pixabay/ Hans

VIVA.co.id – Setiap wanita memang memiliki tipe dan bentuk payudara yang berbeda. Namun, satu kesamaan yang paling ditakuti wanita adalah payudara kendur.

Ketua YKPI: Kanker Payudara Kini Banyak Menyerang Remaja

Pertambahan usia seorang wanita juga membawa perubahan pada bentuk dan proporsi payudara. Seiring waktu, efek gravitasi membuat payudara kehilangan elastisitasnya dan tampak tidak muda lagi. Seringkali hal ini membawa kekhawatiran bagi banyak wanita.

Seperti dilansir laman Daily Mail, seorang ahli bedah plastik internasional ternama dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, Dr Foued Hamza, mengatakan bahwa sangat dimaklumi jika wanita selalu ingin membuat payudaranya kencang dan akan mencari banyak cara untuk menghindari payudaranya kendur.

Penjelasan Ilmiah Hamil dan Menyusui Cegah Kanker Payudara

Karena itulah, di sini Dr Hamza yang berpraktik di Queen Anne Street Medical Centre, London, Inggris, mengungkapkan beberapa hal yang diyakini dapat membuat payudara tak kendur.

1. Olahraga dada dan push up

Cara Mudah Cegah Kanker Payudara

Dr Hamza mengatakan, melakukan push up secara rutin akan menguatkan otot-oto dada. Namun, olahraga ini hanya dapat membantu membuat payudara lebih muda saja, tidak ada olahraga yang secara langsung bisa mengatasi masalah payudara kendur.

“Hal ini karena payudara murni terbuat dari jaringan lemak. Kekencangan payudara berkaitan dengan kualitas kulit dan ukuran kelenjar susu. Wanita akan kehilangan dua karakter fisik ini seiring pertambahan usia, karena kulit akan berkurang elastisitasnya dan ukuran kelenjar susu akan berkurang,” kata Dr Hamza.

2. Tidak mengenakan bra saat tidur

Aktris Hollywood Halle Berry pada sebuah wawancara pernah mengungkapkan kalau dia mengenakan bra saat tidur agar tidak kendur. Tapi, Dr Hamza mengatakan, ini adalah konsepsi yang salah.

“Menggunakan bra hanya membuat payudara memiliki bentuk dan penampilan yang diinginkan. Tapi, ketika dilepas payudara akan kembali ke bentuk alaminya. Menggunakan bra justru lebih memperparah efek elastisitasnya, karena kawat yang berfungsi menopang menahan gravitasi akan melemahkan kemampuan alami payudara untuk terangkat sendiri,” imbuh Dr Hamza.

3. Memercikan air dapat menjaga kekencangan payudara

Ada mitos yang mengatakan kalau memercikkan air ke payudara dapat membuat jaringannya menciut, mengakibatkan payudara naik dan membuat bentuk yang lebih kencang. Namun, Dr Hamza mengatakan, cara ini hanya berpengaruh pada elastisitas kulit saja dan tidak berpengaruh pada kekencangan payudara.

4. Mengenakan bra ukuran besar bisa mengendurkan payudara

Memakai bra besar dapat membuat penampilan payudara lebih terisi dan tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan bahwa mengenakan bra lebih besar dari ukuran payudara dapat membuat payudara mengendur. Meski demikian, Dr Hamza menganjurkan agara wanita mengenakan lingerie agar pas dengan bentuk alami payudara dan lebih nyaman.

5. Berlari dapat mencegah payudara kendur

Olahraga memang baik karena menyehatkan. Namun, Dr Hamza menyarankan agar wanita mengenakan bra yang sportif supaya bisa melindungi dari efek mengendur.

6. Olahraga dapat membuat payudara mengecil

Dr Hamza mengatakan, tidak ada bukti ilmiah yang mengatakan kalau olahraga dapat mengurangi ukuran payudara. Olahraga dapat menurunkan berat badan dan akibatnya dapat mengurangi jaringan lemak di sekitar area ini. Tapi, jumlahnya tergantung pada metabolisme dan genetik setiap wanita.

7. Tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah payudara mengendur

Menurut Dr Hamza hal ini tidak benar. “Jika Anda sehat, makan dengan benar, berolahraga dan menghindari paparan sinar IV dan rokok, maka hal ini akan memberikan dampak signifikan pada kulit Anda. Diet yo-yo juga bisa merusak area payudara karena akan menyebabkan kulit mengendur dan membuat stretch mark yang sulit dihilangkan. Menggunakan krim dan lotion yang dapat mencegah penuaan juga bisa membantu,” saran Dr Hamza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya