Bukannya Air, Sungai Besar Ini Berisi Batu Berbobot 10 Ton

Big Stone River
Sumber :
  • uralskie-zapovedniki.ru

VIVA.co.id – Sebuah pemandangan alam tak biasa datang dari Rusia. Di sana, tepatnya di daerah Chelyabinsk Oblast, di kaki Gunung Taganay, terdapat sebuah sungai yang dipenuhi oleh bongkahan batu besar.

Suhu Udara Terlalu Panas, Kota Ini Larang Warganya Berhubungan Seks

Sungai yang diberi nama Big Stone River ini memiliki panjang mencapai enam kilometer dengan lebar rata-rata mencapai 200 meter. Beberapa di antara aliran sungai ini ada yang mencapai lebar hingga 700 meter.

Dilansir dari Amusing Planet, batu-batuan ini muncul saat terjadi proses glasiasi 10 ribu tahun silam. Saat itu, Gunung Taganay ditutupi oleh gletser atau es hingga tingginya mencapai 4800 meter. Di bawah tumpukan es ini, lapisan gunung bertransformasi menjadi bongkahan batu-batu besar.

Berbahaya, Jangan Kunjungi Lima Kota Ini Sendirian

Ketika lapisan es gunung tersebut mulai mencair, batuan tersebut berguling dari atas gunung hingga pada akhirnya terbentuklah Big Stone River. Hamparan batuan ini disebut sungai karena bentuknya yang memang menyerupai sungai dan batu-batuan ini tentu tidak mengalir seperti air.

Batuan yang ada di sungai ini didominasi oleh batuan kwarsit dengan bobot mencapai 9 hingga 10 ton. Lapisan batuan ini memiliki ketebalan hingga enam meter.

Destinasi Wisata Unik, Boneka Kelinci Raksasa di Atas Bukit

Menariknya, di bawah batuan ini kita bisa mendengar aliran air mengalir karena ada sedikit aliran air di bawah hamparan batu ini. Sungai seperti ini juga bisa ditemukan di sekitar gunung Ural, Rusia, gunung Vitosha di Bulgaria. Sungai batu di Vitosha ini memiliki lebar hingga 300 meter.

Maskapai Skotlandia, Loganair

Merasakan Naik Pesawat Komersial Tersingkat, Cuma 1,5 Menit Saja

Rute penerbangannya cuma 1,7 mil.

img_title
VIVA.co.id
21 Oktober 2018