Trik Menjaga Kesehatan Kaki

Ilustrasi kaki
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Aktivitas turunnya hujan sudah mulai sering terjadi. Seusai hujan, sering banyak genangan air yang menyentuh kaki Anda.

7 Makanan untuk Kuku Sehat dan Kuat, Gak Gampang Rapuh

Hal tersebut biasanya berdampak pada kesehatan dan penampilan di kaki Anda. Banyaknya bakteri yang menempel hingga menyebabkan infeksi merupakan dampak buruk dari hal tersebut. Berikut beberapa tips mudah untuk menjaga bagian kaki tetap lembut dan terhindar dari infeksi bakteri seperti dikutip dari lama Boldsky..

1. Rajin mencuci kaki

Cara Mengobati Cantengan, Pahami Penyebab dan Gejalanya

Yang paling utama yaitu membersihkan kaki Anda dengan air bersih minimal dua kali sehari. Dengan melakukan itu, diyakini bakteri dan infeksi akan menyingkir. Selain itu, membersihkan dengan rutin mampu membuat kulit kaki terjaga kelembutannya.

2. Gunakan alas kaki terbuka

Warna Kuku Kaki Berubah? Awas Tanda Diabetes Hingga Kanker

Langkah kedua, sebaiknya menggunakan alas kaki yang terbuka. Karena, penggunaan alas kaki yang tertutup diklaim mampu merusak kulit kaki dan bau yang kurang sedap.

3. lakukan scrubbing

Selain itu, lakukan scrubbing secara rutin agar mengangkat sel-sel kulit mati dan menjaga kaki tetap sehat dan bersih. Tidak lupa juga memberikan pelembap kaki di malam hari sebelum tidur.

Hal lain yang sering terlupakan adalah melakukan pedicure untuk kuku kaki Anda. Padahal itu penting untuk menghilangkan kotoran di sekitarnya.

Sebelum menggunakan alas kaki, sebaiknya juga menggunakan bedak bayi atau bedak tabur untuk menjaga kaki tetap lembap dan beraroma menyenangkan. Langkah terakhir, perhatikan kebersihan dari alas kaki Anda untuk menghindari tumpukan bakteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya