Kemenpar Gelar Lomba Tempat-tempat Wisata Terpopuler RI

Konferensi pers Anugerah Pesona Indonesia 2016
Sumber :
  • Viva.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia bersama Ayojalanjalan.com menggelar rangkaian kegiatan tahunan untuk meningkatkan apresiasi terhadap pariwisata Indonesia. Acara yang sebelumnya diluncurkan pada 25 Mei 2016 ini, bertajuk Anugerah Pesona Indonesia (API) 2016 .

5 Destinasi Wisata Terbaik di Dunia, yang Mungkin Belum Kamu Dengar

Tujuan API 2016 ingin mempromosikan potensi wisata di daerah seluruh Indonesia. Karena itu, diharapkan peran aktif masyarakat umum dan pemerintah daerah demi memajukkan dan mendorong wisata Indonesia.  

Ada 10 kategori yang terdiri dari 10 tempat yang akan dilombakan, di antaranya Surga Tersembunyi Terpopuler, Tujuan Wisata Terpopuler Kebersihannya, Situs Sejarah Terpopuler, Hidangan Tradisional, Terpopuler, Tempat Menyelam Terpopuler. Selain itu, Tempat Berselancar Terpopuler, Atraksi Budaya Terpopuler, Festival Budaya Terpopuler, Dataran Tinggi Terpopuler dan Tujuan Wisata Baru Terpopuler.

Kemenpar Ajak Masyarakat Ikut Lomba #PesonaAsianGames

Dari pilihan kategori tersebut, peran masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengikuti voting melalui website Anugerah Pesona Indonesia. Para voters berhak memilih kategori sesuai pilihannya.

Adapun nama-nama daerah di setiap kategori didapat dari ulasan blogger, media dan masyarakat pecinta traveling.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Sopir Taksi Jadi Pemandu Wisata

"API 2016 merupakan kegiatan yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Ini merupakan kegiatan kali pertama diselenggarakan dan diharapakan dapat memajukkan industri pariwisata seluruh daerah yang ada di Indonesia," ujar Muhammad Syafaat selaku CEO Ayojalanjalan.com saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu, 29 Juni 2016.

Dia menambahkan bahwa voting tersebut akan ditutup pada tanggal 23 Agustus 2016 dan pengumuman akan diberitahukan dalam bentuk Gala Dinner pada tanggal 16 September 2016. Rencananya, pemberian penghargaan terhadap pemenang akan dilakukan langsung oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Sementara Tazbir selaku Asisten Deputi Pengembangan Segmen Pasar Bisnis dan Pemerintah Kementerian Pariwisata mengatakan bahwa kegiatan ini dapat mendorong kemajuan daerah-daerah yang belum terjamah. Inj juga dapat meningkatkan jumlah wisatawan lokal maupun asing.

"Acara ini merupakan sebuah motivasi untuk daerah lain agar memajukan wisata daerahnya. Diharapkan dapat memberi nilai kunjungan yang signifikan," kata Tazbir.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya