Para Pendongeng Siap Hibur Anak-anak yang Mau Mudik

Para pengurus Gerakan Para Pendongeng Untuk Kemanusiaan (GePPuK) dan Komisi Perlindugan Anak Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Bimo Aria

VIVA.co.id – Untuk memastikan agar anak-anak bisa aman, nyaman, dan terlindungi saat mudik lebaran, Gerakan Para Pendongeng Untuk Kemanusiaan (GePPuK) bersama Komisi Perlindungan Anak Indonesia punya cara unik. Mereka siap mendongeng demi mewujudkan mudik ramah anak 2016.

Mudik Lebaran Bersamaan Pilkada Serentak, Pemda Harus Sigap

Dalam kegiatan kali ini, GePPuK akan mengadakan tiga kegiatan, satu diantaranya telah dilaksanakan pada 26 Juni 2016 lalu di ruang tunggu selatan Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Sementara dua lainnya digelar pada 30 Juni 2016 di terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, dan pada 2 Juli kembali digelar di Stasiun Pasar Senen.

Pada kegiatan tersebut, GePPuK akan menggelar aksi berupa dongeng dan bercerita kepada anak. "Target utamanya adalah orangtua, tentang apa saja yang dipersiapkan agar anak ceria dan pemenuhan hak dasar bagi anak agar tetep sehat selamat" ungkap Ojan Ketua GePPuk saat ditemui di Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada Rabu 29 Juni 2016.

Mudik Lebaran Dekat Libur Sekolah, Pemerintah Mulai Bersiap

Semua dilakukan dengan metode yang menghibur, seperti sulap, bercerita maupun bernyanyi. Materi yang disampaikan pun disesuaikan dengan tema mudik. "Materinya tentang mudik, tentang silaturahim. Bahwa ternyata mudik itu tidak hanya sekadar kegiatan berpindah tempat saja tetapi juga  menyambung silaturahim dengan keluarga. Supaya tidak terputus dengan saudara, penting loh keluarga di kampung tidak dilupakan," jelas dia.

Menurut Ojan, respons dari orangtua dan para pemudik sangat positif. "Sangat baik, jadi ketika melihat anaknya ceria, orangtua ceria ketika anak anak itu juga ceria. Jadi selain anak anak terhibur, orangtua juga terhibur," lanjut dia.

Tips Jaga Kesehatan dan Kebersihan Si Kecil saat Mudik

(ren)

Ilustrasi anak.

Tips Mudik Nyaman Bersama Balita

Jangan sampai Anda justru panik sendiri.

img_title
VIVA.co.id
22 Mei 2019