Kenali Enam Manfaat Tauge untuk Kesehatan

Ilustrasi taoge.
Sumber :
  • Pixabay/PublicDomainPictures

VIVA.co.id – Tauge merupakan tumbuh-tumbuhan yang kerap kali ditemukan dalam berbagai masakan, seperti soto dan pecel. Tidak hanya menambah cita rasa makanan, ternyata tauge juga memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Berikut enam khasiat tauge dilansir dari laman Boldsky.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Menyehatkan rambut

Tauge sangat baik untuk kesehatan rambut karena tumbuhan ini mengandung banyak vitamin C. Vitamin C dapat menstimulasi pertumbuhan rambut yang panjang dan lembut. Selain itu, tauge berperan untuk menangkal radikal bebas yang bisa menyebabkan rambut menjadi lemah dan tipis. Selain itu, tauge berkhasiat untuk mencegah kelainan seperti alopecia dan kebotakan pada pria.

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Memperbaiki dan memperkuat pembuluh darah kapiler

Tauge memiliki kandungan zat yang dapat memperbaiki dan memperkuat pembuluh kapiler (pembuluh darah halus). Selain itu, tauge bisa memperlancar sirkulasi aliran darah.

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Kaya vitamin

Kandungan vitamin yang ada pada tauge adalah vitamin A, B kompleks, C dan E. Kadar vitamin A paling tinggi pada tauge terdapat pada saat tauge masih berupa biji-bijian, ketika sudah menjadi tauge utuh, kandungan vitamin B meningkat sebanyak 285 persen.

Mengurangi berat badan

Tauge merupakan tumbuhan kaya serat, sehingga bermanfaat untuk mengurangi berat badan. Selain itu, tauge berperan dalam mengeluarkan racun dalam tubuh.

Mencegah kanker

Tauge dipercaya dapat melindungi tubuh dari penyakit berbahaya seperti kanker.

Kaya anti-oksidan

Tauge sangat kaya akan anti-oksidan. Zat ini penting untuk kesehatan rambut, kulit, kuku, dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya