Ikuti Cara Ini Agar Kolesterol Baik Meningkat

Ilustrasi cek kolesterol.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Meningkatkan High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik, sangat penting untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Ketika Kolesterol HDL tinggi, secara signifikan menurunkan kemungkinan bahaya penyakit koroner. 

Kolesterol Tinggi, Bisa Sebabkan 5 Penyakit Mematikan Ini

Ada berbagai cara untuk meningkatkan HDL secara alami. Berhenti merokok adalah salah satunya. Selain itu, olahraga secara teratur, dan makan makanan yang sehat merupakan hal yang sangat penting. Tidak lupa, hindarilah makanan yang mengandung lemak tidak sehat terutama lemak trans.

Dilansir laman Boldsky, menurut banyak dokter, lemak trans adalah yang terburuk. Hal ini karena lemak trans menurunkan kadar HDL dan meningkatkan Low Density Lipoprotein (LDL) atau lemak jahat. Meningkatkan lemak tak jenuh tunggal dalam asupan Anda adalah cara yang sehat untuk meningkatkan HDL.

5 Manfaat Olahraga untuk Atasi Kolesterol, Ampuh Usir Lemak Jahat

Cara lain untuk mengurangi kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL adalah mengonsumsi ikan setiap hari. Ikan mengandung jumlah asam lemak Omega-3 dan Omega-6 yang sangat baik dalam meningkatkan kadar kolesterol HDL. Bagi orang yang tidak suka makan ikan, dapat memakan suplemen minyak ikan.

Makanan lain yang dapat meningkatkan kadar HDL adalah cokelat hitam. Dark Chocolate atau cokelat hitam dapat membantu meningkatkan kolesterol baik. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond, pistachio, walnut dan lainnya, setiap hari juga baik untuk meningkatkan kadar HDL. 

Menilik Bahaya dan Penyebab Kolesterol Tinggi

Menghindari daging merah juga dapat meningkatkan kadar HDL, ini juga termasuk orang yang mempunyai diet vegetarian. Jadi, pastikan untuk menyertakan asupan makanan ini dalam asupan sehari-hari Anda dan ikuti gaya hidup sehat agar tubuh selalu terhindar dari penyakit.  

Daun salam

5 Daun Ini Kalau Direbus Ternyata Bisa Turunkan Kolesterol

Rebusan daun tertentu bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Berikut beberapa rebusan daun untuk kolesterol tinggi yang bisa dicoba, dari daun salam -kari

img_title
VIVA.co.id
22 November 2023