Tips Menjaga Stamina Jelang Idul Fitri

Ilustrasi traveling.
Sumber :
  • Ist/picvpic

VIVA.co.id – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tentu kita sudah menyusun banyak rencana untuk keluarga. Bersilaturahmi, mudik ke kampung halaman, liburan bersama keluarga dan sebagainya.

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Hal-hal tersebut sudah menjadi tradisi rutin masyarakat muslim Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Persiapan yang matang sejak jauh hari tentu sangat diperlukan agar semuanya lancar dan tetap sehat selama berlibur. Agar tetap sehat dan bugar di Hari Raya, berikut beberapa tipsnya menurut dr. Setiyo dari laman Meetdoctor.

Beristirahat dengan cukup

Banyak Makan Manis dan Berlemak Saat Lebaran, Lakukan Tips Ini untuk Tetap Sehat

Menjalani bulan puasa, lalu bersiap memasuki Hari Raya, dan kemudian bersiap untuk segala rencana-rencana yang sudah disiapkan, dapat menguras stamina. Yang paling jelas adalah waktu tidur Anda semakin berkurang. Karenanya, kalau mau selalu sehat, Anda perlu memperbanyak waktu istirahat.

Kelola waktu dengan efisien sehingga Anda bisa menuntaskan semua tugas dan aktivitas. Selain itu, gunakan sisa waktu Anda untuk beristirahat. Bila memungkinkan, tambah waktu tidur. Salah satu caranya adalah dengan tidur siang di akhir pekan. 

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Konsumsi vitamin dan suplemen

Makan dengan sehat itu penting untuk menjaga kondisi. Karena itu, pastikan menu sahur dan berbuka puasa Anda selalu sarat gizi. Pastikan juga asupan cairan selalu tercukupi. Selain itu, meski sedang puasa bukan berarti Anda berhenti berolahraga. Coba berjalan-jalan sore menjelang waktu buka puasa, jika bisa, ini dapat membantu menjaga kondisi tubuh agar tidak mudah sakit.

Sebagai pelengkap, Anda bisa mengonsumsi vitamin atau suplemen. Vitamin C penting dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sementara vitamin E akan menjadi sumber antioksidan baik untuk memerangi radikal bebas. Suplemen yang mengandung mineral juga bisa membantu menjaga kesehatan kita selama berpuasa hingga menjelang Hari Raya.

Rencanakan jadwal kunjungan

Pastikan rute perjalanan ketika bersilaturahmi saat Lebaran efisien dan tidak melelahkan, supaya Anda tidak mudah lelah dan mengakibatkan Anda jatuh sakit. Anda bisa membagi waktu, siapa saja yang akan dikunjungi pada Hari Lebaran pertama, dan mana yang didatangi pada hari kedua Lebaran. 

Selain itu, faktor cuaca juga perlu diperhatikan. Siapkan baju hangat atau payung karena cuaca sekarang sulit diprediksi. Untuk anak-anak, Anda juga bisa menyiapkan baju ganti. Hal ini karena mereka dapat berkeringat dengan mudah karena bermain-main di rumah saudaranya, atau baju menjadi basah saat bermain hujan.

Atur pekerjaan di kantor

Ajukan cuti jauh-jauh hari sebelumnya, lalu mulai buat jadwal kerja yang efisien, sehingga Anda tidak perlu lembur berhari-hari sebelum cuti, dan akhirnya malah lemas saat mau Lebaran. Pengaturan prioritas kerja juga bisa membuat Anda tidak mudah stres di kantor. Hal ini karena, stres juga berpengaruh terhadap kondisi tubuh.

Kalau pekerjaan di kantor sudah dapat diatasi, dan semua target sudah terpenuhi sebelum cuti, Anda akan bisa menyongsong Hari Raya dengan lebih tenang.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya