Mudik ke Pati? Ini 10 Destinasi Wisata Paling Keren di Sana

Waduk Gunungrowo, Pati, Jawa Tengah
Sumber :
  • Dwi Royanto/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Kabupaten Pati di Jawa Tengah dikenal sebagai tanah kelahiran banyak tokoh nasional, seperti K.H. Sahal Mahfudz, Kwik Kian Gie, Marwan Ja'far (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi 2014–2019), Komjen Pol Budi ‘Buwas’ Waseso (Kepala BNN), Ulil Abshar-Abdalla (Tokoh Islam Liberal), H. Muhammad Zuhri (Budayawan) dan masih banyak lagi.

Mudik Diperbolehkan, Semarang Tawarkan Wisata Kumpul Kebo

Pati merupakan daerah pertanian kecil, luasnya tidak sampai 1.500 kilometer persegi. Namun, daerah ini tak bisa diremehkan. Begitu banyak destinasi wisata keren yang patut dikunjungi.

‘’Kami punya 10 daftar lokasi wisata yang perlu dikunjungi, semampang punya waktu longgar di Pati. Ada wisata alam, wisata religi, dan wisata sejarah di sana,’’ ujar Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam rilis yang diterima VIVA.co.id dari Kementerian Pariwisata RI, Kamis, 30 Juni 2016.

Tangani COVID-19, 32 Bus Disiapkan untuk Evakuasi Warga ke Donohudan

Air Terjun Grenjengan Sewu

Air terjun yang terletak di Desa Jeahi, Kecamatan Gunungwungkal ini memang menyuguhkan keindahan yang mempesona. Guyuran air yang jatuh dari ketinggian 75 meter, membuat Anda tak akan bisa berkata-kata untuk mengungkapkan keindahannya.

42 Desa di Kabupaten Pati Terendam Banjir

Air yang jatuh dari puncak air terjun ini juga tidak akan berkurang debitnya meski musim kemarau datang. Jadi jangan sampai Anda tidak datang ke sini bila sedang berada di Pati.

Air Terjun Tadah Hujan

Air Terjun Tadah Hujan adalah air terjun setinggi 75 meter yang sering disinggahi para muda mudi Pati yang sedang memadu kasih. Lokasinya yang diapit oleh tebing di kanan kirinya menimbulkan suasana yang tenang dan romantis. Selain itu tak jauh di sebelah bawah tersedia sebuah kolam renang berair jernih.

Air Terjun Santi

Tidak hanya satu, namun bila datang ke Desa Gunungsari, Kecamatan Tlogowungu ini Anda akan disuguhkan dua air terjun sekaligus. Air terjun pertama dinamakan Teretes yang letaknya berada di sisi sungai. Sedangkan air terjun kedua dinamai Jenar berada di atas air terjun pertama. Komplek air terjun terletak di tengah-tengah perkebunan kopi milik warga dan agak jauh dari jalan raya.

Gua Pancur

Gua Pancur adalah gua alam yang terletak di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Goa ini memiliki pemandangan yang sangat indah yaitu berupa stalagtit dan stalagmit yang ada di sepanjang goa. Namun, yang perlu Anda ketahui bahwa di dalam goa ini juga terdapat aliran sungai yang kedalamannya bisa mencapai pinggang orang dewasa. Anda dapat menggunakan jasa pemandu wisata lokal agar dapat menunjukkan jalan yang aman serta dapat menceritakan berbagai hal yang ada seputar Gua Pancur ini.

Gua Wareh

Mitos gua ini erat sekali hubungannya dengan tokoh Semar yang merupakan sesepuh Punakawan dalam cerita pewayangan. Menurut cerita yang diteruskan secara turun temurun, dulunya, di gua inilah Semar sempat beristirahat dan bersemedi.

Selain banyak dikunjungi oleh para pelaku spiritual maupun masyarakat awam yang hanya ingin berekreasi, gua ini juga banyak dikunjungi oleh para pencinta alam mengingat di sekitar gua terdapat berbagai lokasi yang cocok digunakan untuk camping dan panjat tebing.

Pulau Seprapat

Pulau ini adalah sebuah pulau kecil di tengah Sungai Silugonggo di Kecamatan Juwana. Konon, pulau ini biasa dijadikan sebagai lokasi ngalap berkah dan pesugihan. Meski tempat ini diliputi misteri, Pulau Seprapat juga cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan. Pemandangannya indah dan masih alami, ditumbuhi pepohonan yang rindang dan teduh.

Masjid Agung Baitunnur

Masjid Baitunnur ini terletak di sisi sebelah barat alun-alun kota Pati, atau yang lebih dikenal sebagai simpang lima. Di sebelah kiri Masjid Agung Baitunnur, tepat di sisi utara alun-alun, terdapat Kantor Bupati Pati dan Gedung DPRD Kabupaten Pati. Masjid Agung Baitunnur memiliki arsitektur yang unik. Di samping kiri masjid menjulang menara tunggal yang terpisah dengan bangunan utama masjid.

Di sebelah belakang masjid berdiri Gedung Islamic Centre yang bergandengan dengan tempat wudlu dan kamar mandi. Keunikannya, antara masjid dan tempat wudlu dihubungkan dengan teras dan kolam yang sama-sama berdasarkan tatanan batu-batu kecil.

Pantai Banyutowo

Pantai ini sering dilirik wisatawan di sekitar kota Pati seperti Jepara, Kudus, sampai Semarang. Pantai ini terletak di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, sekitar 36 Km dari pusat kota Pati. Di sini, Anda bisa menikmati panorama pantai nan asri serta dermaga tempat merapatnya perahu nelayan. Beberapa kali dalam setahun, pantai ini juga menjadi tempat berlangsungnya ritual sedekah laut.

Pintu Gerbang Majapahit

Pintu Gerbang Majapahit merupakan situs peninggalan cagar budaya purbakala Pati. Untuk itu, wisata sejarah ini tidak akan membuat Anda kecewa, karena di sini Anda bisa melihat langsung gerbang utama dari Kerajaan Majapahit.

Juwana Water Fantasy

Nah, kalau tempat yang satu ini sangat cocok Anda datangi bersama di kecil. Di sini terdapat berbagai wahana yang siap menemani Anda bermain air. JWF terletak di depan Jalan Pantura yaitu Jalan Juwana - Rembang KM 8 Desa Bumimulyo (Mujil), Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya