Ketahui Beberapa Penyebab Tersembunyi Kanker Kulit

Kabin pesawat.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kanker kulit didefinisikan sebagai tumor ganas aktif yang muncul di kulit. Ada tiga tipe kanker kulit utama, yakni melanoma, sel basal karsinoma, dan sel kanker skuamosa. Karena tumor biasanya tumbuh di bagian epidermis atau bagian terluar kulit, mendiagnosis pertumbuhan tumor ini relatif mudah.

Hindari Kanker Kulit, Ini Pentingnya Re-Apply Sunscreen

Belakangan, kanker kulit sangat umum terjadi. Angka kematian karena kanker kulit masih dikatakan rendah, apalagi jika didiagnosis pada tingkat awal pertumbuhannya. Melanoma sendiri merupakan jenis kanker yang paling ganas, namun sangat jarang terjadi dibanding dua tipe kanker kulit lainnya.

Ada banyak faktor yang menyebabkan kanker kulit dan yang paling sering terjadi adalah karena paparan sinar ultraviolet dari matahari. Menurunnya kemampuan untuk menahan paparan sinar matahari karena suatu penyakit juga bisa menjadi penyebabnya. Hal itu bisa diakibatkan oleh obat-obatan atau bahan kimia. Selain itu, paparan terhadap radiasi sinar X dan alat tanning juga bisa menjadi penyebab timbulnya kanker kulit.

Kerja Luar Ruangan Sebabkan 1 dari 3 Kematian Akibat Kanker Kulit, WHO Beri Saran Ini

Melansir laman Boldsky, ada pula penyebab yang tak pernah diduga yang bisa menyebabkan timbulnya kanker kulit. Misalnya, dari sebuah penelitian diketahui bahwa orang yang berambut merah rentan terkena kanker kulit. Ketika orang berambut merah terpapar radiasi UV, jalur penyebab kanker akan teraktivasi oleh mutasi tertentu.

Jika Anda adalah orang yang sering bepergian menggunakan pesawat, Anda juga berisiko tinggi terkena kanker kulit karena pada saat Anda berada di pesawat, Anda terpapar matahari 15 persen lebih tinggi. Karena itu, Anda harus menggunakan tabir surya berkualitas baik ketika naik pesawat.

Waspada, 5 Tanda Peringatan Kanker Ini Sering Disalahartikan Sebagai Ketombe

Sama halnya dengan orang-orang yang tinggal di pegunungan. Begitu pun dengan orang-orang yang sering bepergian dengan mobil dan bis, rentan sekali terkena kanker kulit karena sering sekali terpapar radiasi UV.

Solusi untuk mencegah terkena kanker kulit adalah dengan menggunakan tabir surya dengan kualitas terbaik dan lindungi kaca kendaraan Anda dengan film transparan.

Menurut beberapa penelitian, kulit yang terbakar matahari parah bisa menyebabkan kanker kulit. Kondisi ini akan melipatgandakan risiko tumbuhnya melanoma di kemudian hari. Jadi, pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan kualitas baik sebelum keluar rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya