Sepasang Ayam Rp33 Juta Ini Hanya Ada di Vietnam

Ayam Dong Tao
Sumber :
  • Vietnamnet

VIVA.co.id – Ingin merasakan daging ayam paling lezat di dunia? Ayam Dong Tao adalah pilihannya. Ayam ini adalah ayam ternak asal Vietnam. Kelezatan daging ayam ini membuat harga jualnya sangat tinggi.

5 Rekomendasi Kuliner Terlezat di Hanoi, Vietnam

Tidak seperti ayam pada umumnya, ayam jenis ini memiliki ukuran kaki atau cakar yang sangat besar. Bahkan, ukuran ini sangat tidak biasa untuk kelompok unggas. Ayam Dong Tao bisa ditemukan di distrik Khoai Chau, Hanoi, Vietnam.

Dilansir dari Amusing Planet, dulunya ayam ini disajikan khusus untuk kalangan bangsawan dan orang-orang Mandarin. Saat ini, ayam langka Vietnam dapat dinikmati di restoran-restoran kelas atas saja.

Gemas, Ada Lumpia Vietnam Isi Bunga

Ayam Dong Tao memiliki ukuran yang besar, sehat, dan kaki yang kokoh serta gemuk berwarna kemerahan. Seekor ayam Dong Tao raksasa bisa memiliki bobot mencapai 6 kilogram dengan kaki sebesar pergelangan tangan manusia. Untuk ayam betina, biasanya berwarna putih dan jantan memiliki warna yang lebih beragam.

Permintaan pasar akan ayam ini sangat tinggi, namun persediaannya sangat terbatas, sehingga membuat harganya semakin tinggi. Sepasang ayam Dong Tao bisa dihargai hingga US$2.500 atau sekitar Rp33 juta.

RESEP: Bikin Lumpia Vietnam Ternyata Mudah dan Cepat, Lho

Ayam ini sangat sensitif terhadap perubahan cuaca dan mengeram lebih sedikit telur dibandingkan ayam pada umumnya.

Kondisi ini disebabkan oleh ukuran kakinya yang membuat proses mengerami telur menjadi lebih sulit. Untuk itu, para peternak harus memberikan cara khusus guna pengeraman telur-telur ayam ini. Butuh waktu delapan bulan agar ayam yang baru lahir dapat dijual di pasaran.

Sunarti, salah satu penjual daging ayam potong di Pasar Sayur Magetan sedang melayani pembeli. (FOTO: Aditya Candra/Times Indonesia)

Harga Daging Ayam di Magetan Mulai Merangkak Naik

Harga daging ayam di pasar tradisional mengalami kenaikan.

img_title
VIVA.co.id
27 Juni 2019