Ini Enam Tips untuk Percepat Rasa Kantuk

Ilustrasi pria orgasme.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Merasa kesulitan untuk tidur cepat atau bahkan cenderung insomnia? Beberapa cara ini diklaim bisa ampuh memberikan rasa kantuk yang cepat untuk Anda. Yuk, baca beberapa tips ini untuk memudahkan tidur.

5 Posisi Bercinta yang Bikin Cepat Orgasme dan Tidur Jadi Nyenyak

Kekurangan waktu tidur bisa berdampak pada fungsi kognitif. Fungsi kognitif sendiri mencakup konsentrasi, ingatan, pembelajaran dan lain sebagainya yang berhubungan dengan sistem perkembangan otak Anda. Sehingga, dengan jam tidur yang kurang akan menyebabkan fungsi kognitif tidak maksimal.

Padahal tubuh membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam untuk beristirahat dan tidur nyenyak. Berikut enam tips untuk mempercepat rasa kantuk, seperti dilansir dari laman Alarabiya.

Mandi Air Hangat Ternyata Bisa Bakar Kalori Hingga Turunkan Gula Darah

Kurangi stres

Stres berlebihan dapat mencegah hormon melatonin yang membuat rasa kantuk. Hindari stress sebisa mungkin dengan meditasi di waktu sore hari. Dengan demikian, hal tersebut memperlancar keluarnya hormon yang membuat rasa kantuk datang.

Bahayakah Minum Susu Malam Hari Bagi Penyandang Diabetes? Begini Penjelasan Ahli

Hindari layar TV atau Gadget

Riset menyebutkan bahwa melihat layar ponsel pintar, laptop atau tv sebelum tidur akan membuat otak tetap aktif dan terjaga. Maka disarankan untuk menghindarinya minimal satu jam sebelum jam tidur Anda.

Hindari kafein

Kafein dapat membuat sistem ditubuh tetap aktif selama kurang lebih tujuh jam. Jadi, sebisa mungkin minum kopi hangat Anda pada pukul 5 sore atau sebaiknya tidak mengonsumsi kopi seusai pukul tengah malam.

Matikan lampu

Lampu sangat berpengaruh untuk membuat tubuh mengenali kondisi secara alami. Dengan meredupkan lampu di kamar, membuat tubuh secara alami mengetahui bahwa sudah waktunya tidur di malam hari.

Baca buku

Beberapa orang menyarankan membaca buku untuk membuat tubuh cepat tidur. Sebagian besar dari mereka yang sulit tidur biasanya meluangkan 10-30 menit waktunya untuk membaca buku. Hal tersebut diyakini mampu membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Makan di Sore hari

Penelitian menyebutkan bahwa mereka yang makan malam di sore hari atau minimal tiga jam sebelum jam tidurnya, memiliki tidur yang lebih baik dibanding mereka yang makan setelah pukul delapan malam. Pemilihan makanan seperti daging ayam, telur, dan ikan juga membantu produksi hormon melatonin.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya