Lakukan Ini Sebelum Mengajak Balita Bermain di Halaman

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Sangat menyenangkan melihat balita kita bermain di halaman. Selain melatih fisik anak, bermain di halaman dapat membantu anak belajar mengenal alam di sekitarnya.

Rumah Kebakaran di Simalungun, Dua Balita Tewas

Namun, sebelum Anda membiarkan balita Anda bermain di halaman, tentunya ada hal-hal yang harus Anda perhatikan untuk memastikan si kecil aman bermain disana. Seperti dilansir Oh Baby Magazine.

1. Pastikan pagar halaman terkunci
Waspadai area atau celah yang dapat membuat si buah hati berjalan keluar area rumah. Selain memastikan pagarnya terkunci, Singkirkan juga benda-benda di sekitar pagar yang sekiranya bisa dipanjat buah hati Anda.

Unggah Video Aniaya Anak di Medsos, Ibu Muda di Toraja Kicep Didatangi Polisi

2. Mainan
Pilih mainan anak yang tepat dan aman. Selain itu, jika anak Anda sedang belajar berjalan, pastikan mainan yang dipilih mampu menopang tubuh anak dan dapat berdiri kokoh di permukaan yang tidak rata seperti tanah di halaman rumah.

3. Jauhkan perkakas berkebun
Sebelum mengajak anak bermain, sebaiknya jauhkan perkakas berkebun seperti mesin pemotong rumput, sekop, pupuk hingga pestisida yang dapat membahayakan buah hati Anda.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

4. Waspada tanaman yang berbahaya
Perhatikan tanaman yang tumbuh di sekitar halaman anda, apakah dapat membahayakan si kecil? Karena beberapa jenis tanaman yang umum kita jumpai ternyata mengandung senyawa yang berbahaya. Misalnya jamur, lumut, atau tanaman yang memiliki dahan dan ranting tajam.

5. Kotoran binatang
Apakah Anda memiliki hewan peliharaan? Jika iya, pastikan area bermain anak bersih dari kotoran hewan.

6. Periksa Keseluruhan area
Yang terakhir, periksa keseluruhan area bermain anak. bersihkan area bermain dari bebatuan, kerikil, dan benda tajam lainnya yang bisa melukai anak. Selain itu, pastikan tanah atau area dalam keadaan kering dan tidak licin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya