Mengungkap Fakta Menarik Seputar Selfie

Ilustrasi selfie.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Siapa tak doyan selfie saat ini. Bahkan, kehadiran ponsel pintar dengan kamera depan sejak 2010, membuat tren selfie hingga wefie semakin akrab dalam kehidupan, tidak hanya remaja, dewasa, bahkan orangtua pun doyan selfie.

Psikolog Sorot Ekspresi Tamara Tyasmara Terhadap Dante: Tidak Harmonis Antara Anak dengan Ibu

Masih banyak teka teki tentang asal mula selfie yang menarik untuk dikupas, berdasarkan rilis dari L'OREAL Paris tentang #SelfieReady dari Dian Sastrowardoyo, Jumat 1 Juli 2016, dan infografis dari The Huffington Post 15 Oktober 2013, berikut ini di antaranya.

Sejak tahun 2005 hingga 2008, MySpace menjadi jejaring sosial pertama yang meluncurkan MySpacePic. Kemudian pada 2009, Facebook hadir dengan foto profil berkualitas tinggi, sehingga mengalahkan popularitas MySpace pic. 

Nekat Mau Selfie Hingga Panjat Pagar Kebun Binatang, Pria Ini Tewas Diterkam Singa

Kehadiran ponsel pintar juga menjadi salah satu pendorong maraknya selfie saat ini. Diawali dengan kehadiran iPhone 4 pada  2010, yang telah dilengkapi kamera depan, masih berdasarkan infografis yang disebarkan oleh The Huffington Post, kamera depan tersebut membuat pemakai bisa mengontrol tampilan selfie

Kemudian, disusul dengan media sosial Instagram yang telah dilengkapi fitur pengaturan kontras, warna, dan cahaya dari foto, dan menurut Oxford Dictionary, selfie sendiri telah menjadi word of the year, dan dimasukkan secara resmi ke dalam kamus tersebut pada 2013. 

Mencekam, Seorang Pria Nekat Masuk Kandang Singa Untuk Beswafoto Hingga Tewas Diterkam

Berdasar riset yang dilakukan oleh OnePoll pada April 2015, dengan mengambil sampel dari 2000 orang perempuan, didapatkan fakta bahwa wanita dengan rentang usia 16 hingga 25 tahun, menghabiskan waktu lebih dari lima jam dalam satu minggu untuk selfie.

Kebiasaan para wanita sebelum selfie pun terungkap, mulai dari mencari tempat dengan pencahayaan yang baik sebesar 57 persen, kemudian 46 persen menempatkan rambut di salah satu sisi bahu, dan sisanya sebesar 33 persen memilih menata ulang rias wajah mereka.

Fakta mengejutkan lain dari selfie adalah, wanita akan melakukan tujuh kali selfie sebelum menemukan satu yang sempurna, dan untuk setiap sesi biasanya dibutuhkan waktu sekitar 16 menit. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya