Waspadai, Makanan Ini Jadi Racun Jika Dikonsumsi Mentah

Kacang Merah
Sumber :
  • inmagine.com

VIVA.co.id – Anda mungkin mengetahui beberapa jenis makanan yang mengandung racun dan bisa membahayakan tubuh. Biasanya, makanan tersebut tidak masuk daftar konsumsi Anda. Tapi tahukah Anda, beberapa jenis makanan yang kita kenal, dan sering kita konsumsi sehari-hari ternyata menyimpan racun berbahaya?

Sederet Tips Jitu untuk Turunkan Berat Badan Setelah Lebaran

Tidak hanya keracunan, namun makanan ini juga bisa menyebabkan kematian. Berikut, makanan yang berbahaya tersebut, seperti dilansir stylecraze.

1. Biji apel

6 Takjil Rendah Kalori Untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Ada istilah satu buah apel sehari dapat menjauhkan Anda dari penyakit dan dokter. Tapi tahukah Anda bahwa biji apel dapat menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh. Alasannya, biji apel disinyalir mengandung sianida dalam jumlah yang sangat kecil. Namun, efek mengonsumsi satu, atau dua biji apel dapat menyebabkan mual dan sakit. Efek sianida ini akan menjadi fatal, jika Anda menelan biji apel mentah dalam jumlah yang banyak, karena bisa menyebabkan kematian.

2. Biji pala

5 Tips Jitu Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Membubuhkan sejumput kecil bubuk biji pala dalam masakan kita, mungkin akan menambah citarasa masakan. Namun, harus diwaspadai, ternyata biji pala mengandung zat Myristicin. Jika mengonsumsi biji pala mentah, meski dalam jumlah yang sedikit dapat menimbulkan gejala halusinogen. Gejala ini membuat seseorang berhalusinasi. Gejala ini biasanya timbul jika seseorang mengonsumsi narkotika. Tidak hanya itu, mengonsumsi lima gram biji pala mentah akan menyebabkan konvulsi atau kejang. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena lima gram bubuk biji pala dalam masakan Anda tidak akan berdampak buruk, karena sudah melewati proses masak.

3. Singkong
Siapa sangka, singkong mengandung sianida? Ternyata, ada beberapa jenis singkong yang mengandung racun mematikan ini. Jenis singkong yang dimaksud adalah jenis singkong Taun. Bagian yang beracun dari singkong ini adalah akar serabut, kulit, dan daun. Daun singkong Taun ini memiliki ciri daunnya lebih besar, lebar, dan memiliki bercak hijau kebiruan. Waspadai jika Anda menemukannya.

4. Kacang Merah
Ternyata kacang merah mentah juga mengandung sianida. Tapi Anda tidak perlu khawatir, jika kacang merah ini melalui proses masak, hasilnya akan berbeda, dan aman bagi tubuh. Kacang merah mentah akan mengeluarkan sianida, jika dalam keadaan hancur.

5. Kentang

Mengonsumsi kentang dapat menyebabkan kematian mungkin terdengar lucu. Namun, ternyata dalam keadaan tertentu, umbi, daun, dan batang kentang yang disimpan dalam waktu yang lama dapat mengeluarkan efek racun. Jika kentang berubah menjadi hijau, saat itu, kentang akan menghasilkan zat beracun yang dikenal dengan nama glycoalkaloid. Racun ini dapat menyebabkan muntah, dalam dosis tertentu dapat menyebabkan kematian. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya