Lima Hal Penting Dilakukan Sebelum Menjadi Ayah

Ilustrasi ayah dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/White77

VIVA.co.id – Menjadi seorang ayah bisa membuat setiap orang merasa bangga tetapi tanggung jawab dari hidup tidak berakhir di sana. Seseorang perlu membuat perubahan tertentu dalam gaya hidup, ketika berencana memiliki anak.

Ello Berbagi Kabar Gembira, Sang Istri Hamil Anak Kedua

Dari membuat pengorbanan kecil untuk mulai fokus pada kesehatan diri, sampai mengubah rencana keuangan. Berikut lima hal penting yang perlu dilakukan sebelum menjadi ayah, seperti dilansir laman Boldsky.

Rencanakan keuangan Anda

Potret-Potret Menggemaskan Buah Hati Pertama Pasangan Jessica Milla dan Yakup Hasibuan

Membesarkan anak-anak membutuhkan banyak sumber daya. Oleh karena itu, lebih baik untuk merencanakan kehamilan ketika siap secara finansial. Pada tahap ini biaya pengobatan dan pendidikan akan membengkak. Untuk memberikan rasa aman dan hidup bahagia anak, perlu menata keuangan agar lebih baik.

Menjaga hidup sehat

Dimas Seto dan Dhini Aminarti Punya 46 Anak Asuh: Qadarallah Belum Dikasih Keturunan

Pastikan Anda olahraga secara teratur setidaknya sebelum merencanakan kehamilan. Kunjungi dokter dan lakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui status kesehatan sperma Anda agar bisa mendapatkan anak.

Berhenti merokok dan minum alkohol

Merokok, minum alkohol, dan kebiasaan buruk lainnya merusak kesehatan, sperma, bahkan DNA Anda. Ini merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan sebelum mempunyai anak.

Ubah perilaku Anda

Ketika membesarkan anak-anak, Anda mungkin perlu untuk menunjukkan sisi baik Anda dan menyembunyikan sisi buruk dengan tujuan agar tidak memanjakan anak Anda Kendalikan emosi Anda, kembangkan kesabaran, dan cobalah untuk bersikap tenang di depan anak-anak Anda.  

Jadi contoh buat anak-anak

Anak-anak Anda akan melakukan sesuatu dan mengucapkan apa yang ia dengar dan lihat. Oleh karena itu, Anda harus bisa memberikan contoh yang baik kepada anak-anak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya