Kuliner Akhir Pekan

Kenyang Makan Nasi Begana Istimewa Khas Tegal

VIVAnews - Salah satu makanan khas Jawa Tengah adalah nasi bogana yang juga sering disebut nasi begana. Nasi putih yang dilengkapi dengan lauk pauk dibungkus dengan daun pisang ini memang memiliki rasa khas. Jika Anda ingin mencicipinya tidak perlu jauh-jauh datang ke Tegal. Beberapa tempat makan di Jakarta, menyajikan panganan ini dan salah satunya adalah Koko Bogana.

Nasi bogana adalah nasi putih yang dilengkapi telur pindang, orek tempe, suwir ayam opor, serundeng daging, sambal goreng ati ampela, dan tumis kacang panjang kemudian dibungkus dalam daun pisang. Seporsi nasi bogana ditempat ini cukup mengenyangkan, tetapi untuk kaum pria sepertinya akan butuh dua porsi.

Nasi putihnya cukup pulen, dan sangat pas ditemani dengan telur pindang yang bumbunya sangat meresap. Orek tempe, serundeng daging, tumis kacang, dan suwir ayam membuat rasa nasi menjadi sangat kaya dan membuat lidah mendapatkan petualangan rasa istimewa.

Selain menyajikan nasi bogana tempat makan yang bernuansa Jawa kental ini, menyediakan makanan khas Jawa Tengah lainnya. Seperti nasi pagongan yaitu nasi hijau bayam yang dilengkapi dengan oseng ikan jambal, telur pindang, empal gepuk, kentang ebi, serundeng kelapa, dan sambal terasi. Nasinya yang berwarna hijau didapatkan dari olahan sayur bayam.

Untuk Anda yang suka mengonsumsi nasi merah ada juga pilihan menunya, yaitu nasi rembang. Nasi merah dilenagkapi dengan lauk balado telur, udang keremes, tumis tempe buncis, dendeng, suwir ikan tongkol, sambal ijo dan daun kemangi. Selain itu masih banyak menu nasi lain, yang semuanya dibungkus dengan daun pisang yang menimbulkan aroma khas penggugah selera makan. Tidak hanya menu nasi di tempat ini juga menyediakan soto gombyang dan gulai iga melayu.

Untuk menyegarkan tenggorakan Anda bisa memesan es blewah atau es cincau hijau. Sambil menikmati makanan di tempat ini Anda juga akan ditemani dengan lantunan tembang Jawa dari sinden yang juga bermain siter. Tempatnya yang kecil dan merupakan bekas rumah tinggal memang terlihat sempit dan penuh saat jam makan siang. Tetapi nuansa jawa menimbulkan kesan hangat ditempat ini, dan membuat orang ingin datang kembali untuk mencicipi makanan dan suasananya.

Koko Bogana
Jl. Cipaku I No. 2 Kebayoran Baru, Jakarta 12170
Telepon : 021-7203754
Jam Buka : 09.00 WIB - 18.00 WIB
Harga Makanan : Rp 12.500 - Rp 25.000
Harga Minuman : Rp 3000 - Rp 15.000

Perkembangan Terbaru Pengobatan TBC Resisten Obat, Bikin Cepat Sembuh dengan Obat Ini!
Polisi berjaga-jaga di dekat Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta,  (Foto ilustrasi)

Relawan Prabowo Batal Gelar Aksi, Polisi Berlakukan Pengalihan Arus Situasional Depan MK

Polisi menyiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan Gedung Mahkamah Konstitusi, Gambir, Jakarta Pusat, meski aksi damai relawan Prabowo Gibran batal menggelar aksi

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024