RESEP: Sajian Lebaran Istimewa, Bolu Gulung Krim Stroberi

Kue bolu gulung.
Sumber :
  • Pixabay/Romi

VIVA.co.id – Hari Raya Idul Fitri memang tak lengkap tanpa kehadiran aneka kue kering yang tersaji di dalam stoples. Namun, bukan berarti Anda tidak dapat berkreasi dan menyajikan sajian pencuci mulut manis lain, sepertu kue bolu misalnya.

Simak 4 Resep Kue Lebaran Enak Berikut Ini

Kue bolu gulung adalah salah satu kue yang mudah dibuat dan memiliki penyajian yang sangat cantik. Untuk itu, simak resep kue bolu gulung krim stroberi untung Lebaran nanti, seperti dilansir dari marthastewart.com berikut ini.

Kue bolu gulung krim stroberi

RESEP: Chocolate Finger, Praktis dan Mudah Dibuat

Bahan-bahan
-Butter tanpa rasa secukupnya
-8 butir telur berukuran besar
-1/2 cangkir gula pasir
-1 1/2 sdt ekstrak vanili
-1/2 cangkir tepung terigu
-2 sdt soda kue, ayak halus
-2 cangkir krim
-2 sdm gula bubuk
-1 kilogram buah stroberi segar

Cara membuat

RESEP: Spritz Susu, Kue Lebaran Andalan Farah Quinn

1. Panaskan oven hingga 180 derajat celsius. Alasi cetakan kue dengan kertas kue yang telah diolesi dengan sedikit butter hingga rata. Sisihkan.

2. Di dalam mangkuk berukuran besar, kocok kuning telur dan gula hingga berubah warna menjadi cerah atau sekitar 1 menit. Masukkan 1/2 sdt vanili, tepung terigu dan soda kue. Aduk hingga rata.

3. Masukkan putih telur ke dalam mangkuk lainnya dan kocok dengan mixer hingga kaku. Campurkan ke dalam mangkuk berisi adonan kue. Aduk rata.

4. Tuangkan adonan kue ke dalam cetakan dan ratakan menggunakan spatula atau bagian belakang sendok. Masukkan ke dalam oven dan panggang hingga matang, sekitar 20 menit.

5. Selama kue dipanggang, pisahkan enam buah stroberi untuk hiasan. Iris tipis seluruh sisa stroberi.
6. Masukkan krim ke dalam mangkuk dan kocok dengan mixer berkecepatan sedang. Secara perlahan, masukkan 1 sdt sisa vanili dan 2 sdm gula bubuk. Aduk terus hingga kaku.

7. Pisahkan setengah krim yang telah dikocok. Masukkan irisan buah stroberi ke dalam salah satu mangkuk berisi krim yang telah dipisahkan tadi.

8. Letakkan kertas tisu dapur di atas meja dan taburi dengan gula bubuk secukupnya. Letakkan kue yang telah matang di atas kertas tisu tadi dan gulung secara perlahan. Diamkan hingga dingin.

9. Buka gulungan kue yang telah dingin dan olesi dengan krim kocok yang telah dicampur dengan irisan stroberi. Ratakan dan gulung kembali.

10. Oleskan sisa krim kocok yang telah disisihkan tadi di bagian atas bolu gulung yang telah jadi. Terakhir, letakkan 6 buah sisa stroberi di bagian atasnya. Potong-potong dan kue pun siap disajikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya